BERITA

Unila dan Université Paul Valéry Montpellier 3 Perancis: Mengukir Kolaborasi Penelitian dan Pertukaran Mahasiswa yang Menjanjikan

64
×

Unila dan Université Paul Valéry Montpellier 3 Perancis: Mengukir Kolaborasi Penelitian dan Pertukaran Mahasiswa yang Menjanjikan

Sebarkan artikel ini
Unila dan Universite Paul Valery Montpellier 3 Perancis Jajaki Kerjasama Penelitian Hingga Pertukaran Mahasiswa
Unila dan Universite Paul Valery Montpellier 3 Perancis Jajaki Kerjasama Penelitian Hingga Pertukaran Mahasiswa

Media90 – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung (Unila), Dr. Anna Gustina Zainal, M.Si., memimpin delegasi Unila dalam pertemuan dengan Université Paul Valéry Montpellier 3 (UPVM3), Prancis pada Kamis (6/6/2024).

Delegasi Unila terdiri dari Prof. Dr. Ari Darmastuti, M.A. (Guru Besar Ilmu Politik), Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM. (Ketua LPPM), Dr. Eng. Heri Satria, S.Si., M.Si. (Dekan Fakultas MIPA), dan Dr. Arie Fitria, M.T., D.E.A. (Kepala International Office FISIP).

Mereka diterima oleh Wakil Rektor Bidang Hubungan Internasional, Francophonie, dan Hubungan dengan Kolektif Teritorial Prof. Antonio Coppolani, Ph.D., Direktur Laboratorium Geografi dan Perencanaan Wilayah Prof. Frederic Leone, dan Kepala Departemen Hubungan Internasional Marine Chabbert.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjajaki kerjasama pelaksanaan penelitian bersama, mobilitas mahasiswa, pertukaran dosen, dan persiapan penandatanganan MoU antara kedua universitas.

Baca Juga:  Tragedi di Gadingrejo Pringsewu: Konten Kreator YouTube Tanggamus Tutup Hari di Arena Kuda Kepang

Prof. Antonio Coppolani menyambut baik kedatangan delegasi Unila dan menyatakan bahwa ini menunjukkan niat baik Unila dalam membangun kerjasama.

Kerjasama antara Unila dan UPVM3 telah berjalan, termasuk dalam hal mobilitas dosen dan mahasiswa.

UPVM3 juga telah mengundang dosen Unila, Dr. Henky Mayaguezz, dalam program Profesor Invite pada 13-27 Mei 2024.

“Selain itu, terdapat mahasiswa Unila yang mengikuti kursus Bahasa Perancis dalam kerangka mobilitas mahasiswa dengan skema beasiswa IISM,” kata Antonio Coppolani.

Meskipun kendala bahasa sering muncul dalam kerjasama dengan universitas luar negeri karena perkuliahan di UPVM3 sebagian besar dalam Bahasa Perancis, hal itu tidak menjadi masalah bagi Unila yang telah mengajarkan Bahasa Perancis di beberapa program studi.

Wakil Rektor UPVM3, Dr. Anna Gustina Zainal, menyampaikan apresiasi atas kesempatan yang diberikan dan berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan secara kelembagaan dan diperluas pada bidang-bidang lain.

Baca Juga:  Pulung Kencana Raih Juara I Nasional dalam Apresiasi RDK, Pj Bupati Tubaba Terima Penghargaan dari BKKBN RI

Harapan tersebut disambut baik oleh Prof. Frederic Leone yang tertarik untuk mengembangkan penelitian bersama tentang manajemen bencana di Indonesia.

“Saya sangat ingin meneliti tentang manajemen bencana di Indonesia, karena beberapa wilayah di Indonesia termasuk kawasan rawan bencana,” ujar Prof. Frederic Leone.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Dr. Anna Gustina Zainal, menyatakan bahwa Unila siap menjadi tuan rumah bagi peneliti UPVM3 yang akan melakukan penelitian bersama.

“Lampung memiliki banyak fenomena alam yang menarik untuk diteliti dalam kajian manajemen bencana seperti Gunung Anak Krakatau, tsunami, dan erupsi Suoh di Lampung Barat,” tambahnya.

Kerjasama antara Unila dan UPVM3 diharapkan tidak hanya akan memperkuat hubungan bilateral antar universitas tetapi juga akan menghasilkan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan penanggulangan bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *