BERITA

Seminar Nasional: Literasi Digital Keluarga, Inisiatif LPPM Unila

80
×

Seminar Nasional: Literasi Digital Keluarga, Inisiatif LPPM Unila

Sebarkan artikel ini
LPPM Unila Gelar Seminar Nasional Literasi Digital Keluarga
LPPM Unila Gelar Seminar Nasional Literasi Digital Keluarga

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila) telah sukses menyelenggarakan seminar nasional (Semnas) bertajuk “Literasi Digital bagi Keluarga,” yang digelar di Hotel Emersia, Bandar Lampung pada Selasa (30/4/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya LPPM Unila dalam membangun pondasi yang kokoh dalam literasi digital di lingkungan keluarga.

Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., selaku Ketua LPPM Unila, membuka acara dengan menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi digital secara aman, etis, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., Rektor Unila, menyoroti urgensi seminar ini dalam memberikan bekal kepada keluarga Indonesia dalam menghadapi arus perkembangan teknologi digital yang pesat.

“Unila dan LPPM mengajak semua pihak, khususnya keluarga, untuk menggunakan teknologi digital secara bijak dan cerdas,” ujar Lusmeilia Afriani.

Setelah sambutan dari Rektor, acara dilanjutkan dengan pentas seni dan penampilan lagu daerah yang diselenggarakan oleh tim Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta mahasiswa pendidikan seni musik FKIP Unila.

Sesi berikutnya menampilkan materi dari narasumber Dra. Maryamah, M.M., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bandar Lampung, yang membahas dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak.

Maryamah menegaskan pentingnya peran pemerintah dan keluarga dalam mengawasi penggunaan teknologi untuk mencegah dampak negatifnya terhadap generasi muda.

Narasumber berikutnya, Yuniarti, S.T., M.T., GM Telkom WITEL Lampung, membahas peran perempuan dalam membentuk karakter bangsa melalui literasi digital.

Yuniarti menyoroti beragam aspek literasi digital yang perlu dipahami, mulai dari phishing, pinjaman online, hingga digital culture, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang literasi digital.

Selain menjaga keamanan data pribadi, literasi digital juga dianggap dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi era digital.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Senat Unila, pengurus dan anggota DWP Unila, serta beberapa stakeholder terkait.

Harapannya, seminar ini memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat dalam mengantisipasi kejahatan di dunia maya serta meningkatkan literasi digital untuk penggunaan teknologi dan media sosial yang lebih bertanggung jawab dan cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *