BERITA

Undangan Praktisi untuk Belajar Proteksi Kebakaran dan Keamanan Gedung di Prodi Teknologi Rekayasa Internet Polinela

50
×

Undangan Praktisi untuk Belajar Proteksi Kebakaran dan Keamanan Gedung di Prodi Teknologi Rekayasa Internet Polinela

Sebarkan artikel ini
Belajar Proteksi Kebakaran dan Keamanan Gedung, Prodi Teknologi Rekayasa Internet Polinela Undang Praktisi
Belajar Proteksi Kebakaran dan Keamanan Gedung, Prodi Teknologi Rekayasa Internet Polinela Undang Praktisi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet (IET) di Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung (Polinela) terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menghubungkan dunia pendidikan dan dunia kerja.

Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan menghadirkan praktisi dari lapangan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa.

Pada tanggal 2 November 2023, Prodi IET menggelar kegiatan pembelajaran yang fokus pada mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mahasiswa semester satu.

Kegiatan ini diadakan di Gedung Baru Kampus Polinela. Mata kuliah K3 menjadi sangat relevan karena membahas aspek-aspek penting terkait keselamatan di lingkungan kerja, khususnya dalam bidang proteksi kebakaran dan keamanan gedung.

Dosen tamu yang mengisi kegiatan pembelajaran ini berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung.

Mereka membahas berbagai aspek seperti perilaku api, sistem proteksi kebakaran pada bangunan gedung, dan manajemen keselamatan kebakaran gedung.

Pengetahuan yang dibagikan oleh praktisi ini memberikan wawasan yang sangat berharga kepada mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan konsep K3 dalam dunia kerja.

Dua dosen yang mengajar mata kuliah K3, yaitu Ir. Imam Asrowardi, S.Kom., M.Kom., M.Pd., IPM., ASEAN Eng., dan Dr. Ir. Septafiansyah Dwi Putra, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., menjalankan peran penting dalam memfasilitasi kegiatan ini.

Mereka bekerja sama dengan praktisi berpengalaman seperti Nurhendrat Setyawan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, yang bertindak sebagai narasumber.

Kehadiran praktisi dalam proses pembelajaran memiliki banyak manfaat. Mahasiswa dapat belajar ilmu praktis yang aktual dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Mereka juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi, berjejaring, dan mendapatkan mentorship dari para ahli praktisi.

Hal ini membantu meningkatkan keterampilan mahasiswa dan mendukung pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mereka.

Tidak hanya bagi mahasiswa, kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi kampus untuk berkolaborasi dengan praktisi dunia kerja.

Ini mendukung pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, meningkatkan citra kampus, dan memperkuat penilaian positif untuk akreditasi.

Bagi praktisi, kegiatan ini memberikan informasi tentang potensi mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Mereka dapat mendidik dan menjaring sumber daya manusia unggul lebih awal, membentuk pangkalan bakat (talent pool), dan menjadi bagian dari penggerak kemajuan pendidikan di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Prodi IET di Polinela dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menghubungkan dunia pendidikan dengan dunia kerja.

Dengan terus menghadirkan praktisi dalam proses pembelajaran, mereka berharap dapat memberikan manfaat maksimal bagi mahasiswa, perguruan tinggi, dan praktisi dunia kerja, serta turut berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.