BERITA

Seminggu Penuh Dongeng: Festival Literasi 2023 Di PKOR Bandar Lampung!

61
×

Seminggu Penuh Dongeng: Festival Literasi 2023 Di PKOR Bandar Lampung!

Sebarkan artikel ini
Pekan ini, 15 Pendongeng Ramaikan Festival Dongeng dan Literasi 2023 di PKOR Bandar Lampung, Yuk Ramaikan
Pekan ini, 15 Pendongeng Ramaikan Festival Dongeng dan Literasi 2023 di PKOR Bandar Lampung, Yuk Ramaikan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pekan ini, Pasar Seni PKOR Way Halim, Bandar Lampung akan menjadi saksi dari Festival Dongeng dan Literasi 2023 yang menjanjikan hiburan yang penuh inspirasi.

Acara ini akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu (4-5 November 2023) dengan melibatkan sebanyak 15 pendongeng dari Lampung yang siap memukau penonton dengan cerita-cerita khas daerah.

Koordinator Dongeng Dakocan Lampung, Iin Muthmainnah, mengungkapkan bahwa festival ini akan menghadirkan belasan pendongeng asal Lampung, masing-masing dengan ciri khas dan cara mendongengnya sendiri.

“Dongeng yang bakal dipertunjukkan sebagian besar adalah cerita rakyat Lampung, yang diinterpretasikan oleh tiap pendongeng,” ujar Iin Muthmainnah.

Tidak hanya mengandalkan cerita-cerita yang menarik, para pendongeng juga akan mempertunjukkan beragam metode mendongeng, mulai dari penggunaan boneka, alat peraga, hingga kemampuan khusus dalam mengubah suara.

Ini akan memberikan variasi yang menarik bagi penonton, yang dapat mengalami pengalaman mendengarkan dongeng dengan berbagai gaya.

Iin Muthmainnah juga menekankan bahwa festival ini terbuka bagi masyarakat umum yang memiliki minat dan kemampuan mendongeng.

Selain pendongeng yang diundang secara resmi, mereka yang ingin berbagi cerita dan keterampilan mendongengnya sangat dianjurkan untuk tampil di festival ini.

Tak hanya sekadar festival dongeng, acara ini juga menjadi panggung untuk soft launching website Komunitas Dongeng Dakocan.

Website ini akan menjadi wadah bagi cerita rakyat Lampung yang telah direvitalisasi sebelumnya.

Hal ini akan memungkinkan cerita-cerita tersebut lebih mudah diakses oleh masyarakat, menjaga agar warisan budaya tersebut tetap hidup.

Festival ini juga akan menampilkan berbagai talkshow, termasuk yang berkaitan dengan pengasuhan (parenting).

Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, para orangtua akan mendapatkan wawasan berharga tentang cara mendongeng kepada anak-anak mereka dan bagaimana literasi dapat menjadi bagian penting dalam pengasuhan.

Selain itu, akan ada talkshow lain yang membahas pentingnya literasi dalam membangun budaya literasi di salah satu kota.

Para pengunjung juga dapat mengikuti pelatihan mendongeng dan pelatihan menulis kreatif yang ditujukan bagi guru dan masyarakat umum.

Semua rangkaian acara ini akan memberikan wawasan dan keterampilan yang berharga dalam memajukan literasi dan budaya dongeng di Lampung.

Dengan berbagai kegiatan menarik yang dihadirkan, Festival Dongeng dan Literasi 2023 di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, akan menjadi wadah inspiratif bagi semua orang yang mencintai cerita-cerita rakyat dan ingin memperkaya budaya literasi di daerah ini. Mari bersiap-siap meramaikan festival yang penuh pesona ini!