BERITA

Mahasiswa Teknik Elektro Teknokrat Indonesia Membantu Pemasangan Timer Cek Sinyal di 10 Titik Lampung

151
×

Mahasiswa Teknik Elektro Teknokrat Indonesia Membantu Pemasangan Timer Cek Sinyal di 10 Titik Lampung

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Teknik Elektro Teknokrat Indonesia Berkesempatan Pasang Timer Cek Sinyal 10 Titik di Lampung
Mahasiswa Teknik Elektro Teknokrat Indonesia Berkesempatan Pasang Timer Cek Sinyal 10 Titik di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia telah berhasil menjalin kemitraan yang menguntungkan dengan PT. Hariff Daya Tunggal Engineering, sebuah perusahaan yang berbasis di Bandung dan memiliki fokus yang kuat pada peningkatan teknologi, layanan teknik, serta proyek turnkey di sektor telekomunikasi, sistem tenaga, dan energi.

Kemitraan ini menghasilkan kegiatan yang melibatkan mahasiswa dalam proyek pemasangan timer untuk pengecekan sinyal GSM di 10 titik Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Lampung.

Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00 dan mencakup serangkaian tahapan yang dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas layanan telekomunikasi di daerah tersebut.

Berikut adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan:

  1. Pembahasan Kerjasama: Tahap awal kegiatan melibatkan pembahasan kerjasama antara Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia dan PT. Hariff Daya Tunggal Engineering untuk merumuskan strategi pelaksanaan proyek dengan efektif.
  2. Pendampingan dan Pembekalan: Mahasiswa mendapatkan pelatihan dan pendampingan langsung dalam pemasangan timer di BTS di Tanjungan II (Sukajaya, Katibung). Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka secara teknis dan memastikan pemasangan berlangsung dengan baik.
  3. Pemasangan Timer dan Pembekalan Teknis: Selama proses pemasangan, mahasiswa diberikan pembekalan mengenai teknik pemasangan yang benar serta keterampilan monitoring daya, pemakaian daya, dan pengecekan gangguan menggunakan web harmoni.
  4. Fungsi Timer: Timer yang dipasang memiliki fungsi penting untuk mengontrol penyalakan dan pemadaman perangkat RTU atau harmoni. Setelah timer mencapai 71 jam, RTU akan dimatikan selama 6 menit untuk pendinginan, kemudian kembali menyala. Setelah 71 menit, data jam akan direset kembali untuk memulai siklus baru.
  5. Pengecekan dan Solusi: Setelah pemasangan selesai, dilakukan pengecekan data melalui web harmoni dengan mengacu pada kode ID BTS masing-masing daerah. Jika terjadi kendala, solusi yang diberikan antara lain adalah mengisi ulang kuota pada SIM card atau menggantinya dengan SIM card baru yang sudah memiliki kuota.
  6. Titik Pemasangan Timer: Sepuluh titik pemasangan timer meliputi: TSEL_Kedongdong, Pesawaran Indah, Kunyir, Negara Tulang Bawang, Talang Bojong, TSEL_Pasirgedong, TSEL_Pasarpulosari, Waway Karya1, Braja Gemilang, dan TSEL_BandarSribawono.

Pelaksanaan teknis dilakukan mulai 26 Februari 2024 hingga 4 Maret 2024. Dosen Teknik Elektro yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Novia Utami Putri, MT. dan Sampurna Dadi Riskiono, M.Cs. dengan Bapak Jafar Fakhrurozi, M.Hum., sebagai inisiator dan Bapak Ridwan M Fajar sebagai Koordinator Teknis.

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. menyambut baik kerja sama ini dan menekankan pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam proyek nyata.

Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman lapangan yang berharga tetapi juga dapat menerapkan pengetahuan yang didapat di kampus dalam situasi praktis.

Melalui kerja sama ini, diharapkan bahwa mahasiswa akan memiliki kesiapan yang lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia kerja yang sesungguhnya, sambil memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *