BERITA

Transformasi Pendidikan: Inspirasi Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Menyentuh Hati Kepala LLDikti Wilayah II

49
×

Transformasi Pendidikan: Inspirasi Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Menyentuh Hati Kepala LLDikti Wilayah II

Sebarkan artikel ini
Terkesima Karya Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Kepala LLDikti Wilayah II Transformasi Pendidikan Jadi Keharusan
Terkesima Karya Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Kepala LLDikti Wilayah II Transformasi Pendidikan Jadi Keharusan

Media90 – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Si, mengungkapkan keterkesimaannya terhadap berbagai karya dan inovasi yang ditampilkan oleh mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia.

Hal tersebut terjadi dalam acara pameran bertajuk Teknokrat Academic Expo 2024 pada Kamis (13/6/2024).

Menurut Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

“Teknologi yang dihasilkan diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat umum, sehingga bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul,” ujarnya.

LLDikti juga memberikan apresiasi terhadap upaya Universitas Teknokrat Indonesia dalam mengarahkan riset tidak hanya pada publikasi paper, tetapi juga pada hilirisasi produk riset.

Baca Juga:  Penjelasan KPU tentang Dugaan Penggelembungan Suara Calon DPD RI di Bandar Negeri Semuong Tanggamus

“Ini tidak hanya sebatas tulisan ilmiah ataupun paten, tapi lebih ke bentuk produk, yang diharapkan nanti bisa ikut membantu menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat,” tambah Iskhaq Iskandar.

Prof. Iskhaq menegaskan bahwa transformasi dalam dunia pendidikan merupakan suatu keharusan, sesuai dengan Permendikbud Nomor 53 tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Menurutnya, ada tiga unsur yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi, yaitu bidang sumber daya manusia (SDM), kurikulum, dan akreditasi perguruan tinggi.

“Proses belajar mengajar harus bisa melakukan inovasi dengan mengimplementasikan kampus merdeka belajar, karena itu, perguruan tinggi harus bisa menerapkan MBKM,” jelas Prof. Iskhaq Iskandar.

Pada acara Teknokrat Academic Expo 2024, ratusan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia memamerkan karya dan inovasi mereka, termasuk mobil tenaga surya, pesawat, sistem energi terbarukan, robotik, game for education, pengembangan perangkat lunak, dan banyak lagi.

Baca Juga:  KAI Membuka Rekrutmen untuk Empat Formasi dari SMA hingga S1

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Balitbangda Lampung, Kepala LLDikti, Rektor, dan sejumlah pejabat Universitas Teknokrat Indonesia, menunjukkan antusiasme dan dukungan terhadap inovasi mahasiswa dalam menjawab tantangan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *