BERITANASIONAL

Transformasi Kepemimpinan: Pj Bupati Mesuji Memimpin Rakor Forkopimda untuk Sukseskan Pemilu 2024 yang Adil, Demokratis, dan Berkualitas

169
×

Transformasi Kepemimpinan: Pj Bupati Mesuji Memimpin Rakor Forkopimda untuk Sukseskan Pemilu 2024 yang Adil, Demokratis, dan Berkualitas

Sebarkan artikel ini
Transformasi Kepemimpinan Pj Bupati Mesuji Memimpin Rakor Forkopimda untuk Sukseskan Pemilu 2024 yang Adil, Demokratis, dan Berkualitas
Transformasi Kepemimpinan Pj Bupati Mesuji Memimpin Rakor Forkopimda untuk Sukseskan Pemilu 2024 yang Adil, Demokratis, dan Berkualitas

Media90 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji menggelar rapat koordinasi (Rakor) forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Hotel Grand Praba, Bandar Lampung, pada Jumat (23/6/2023).

Rakor tersebut menjadi momentum untuk menggalang semangat kebersamaan dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang adil, demokratis, dan berkualitas.

Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Sulpakar, menyampaikan pentingnya Pemilu sebagai fondasi utama dalam sistem demokrasi.

Suara rakyat menjadi elemen sentral dalam kehidupan politik, dan untuk itu, pelaksanaan Pemilu yang transparan, jujur, dan terpercaya menjadi kunci keberhasilan demokrasi.

Sulpakar menekankan bahwa Pemilu tahun 2024 membutuhkan antisipasi terhadap enam elemen penting agar dapat mendukung kesuksesan acara tersebut.

Elemen-elemen tersebut meliputi pihak penyelenggara seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), lembaga ad-hoc, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara (DKP).

Selain itu, aparat keamanan termasuk TNI, Polri, Satpol PP, dan Linmas di desa juga turut serta dalam menjaga keamanan.

Pemerintah daerah, peserta Pemilu, serta seluruh elemen masyarakat juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilu yang sukses.

Sulpakar menegaskan bahwa semua pihak yang terlibat bertanggung jawab sebagai pengawal Pemilu dan demokrasi.

Mereka harus mampu menjaga terciptanya proses transisi kekuasaan yang adil, demokratis, dan melegitimasi.

Pemerintah Kabupaten Mesuji berkomitmen untuk membangun kepercayaan rakyat terhadap prosedur demokrasi dengan menjembatani proses transisi kekuasaan.

Dalam hal ini, saling mendukung dan menguatkan antara pihak-pihak terkait, sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing, sangatlah penting.

Sulpakar menambahkan bahwa kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 merupakan keharusan dan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Mesuji, KPU, dan Bawaslu.

Mereka telah menandatangani berita acara kesepakatan pembahasan kebutuhan KPU Mesuji untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

Sulpakar juga mengajak semua pihak untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai tonggak sejarah yang memperkuat demokrasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hak suara dan peran aktif dalam Pemilu.

Selain itu, menjaga keutuhan dan persatuan bangsa juga menjadi perhatian bersama dalam melangkah menuju proses demokrasi yang lebih baik.

Rakor Forkopimda tahun 2023 ini menjadi wadah untuk berkoordinasi, merumuskan strategi, dan membangun sinergi antara pihak terkait dalam rangka menyongsong Pemilu 2024 yang adil, demokratis, dan berkualitas.

Pemerintah Kabupaten Mesuji siap bekerja sama dengan semua elemen masyarakat untuk menjaga integritas demokrasi dan memastikan suksesnya pelaksanaan Pemilu demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *