BERITA

TIK Berhasil Raih Predikat Kampus Swasta Terbaik dalam Times Higher Education World’s Impact Ranking 2024

44
×

TIK Berhasil Raih Predikat Kampus Swasta Terbaik dalam Times Higher Education World’s Impact Ranking 2024

Sebarkan artikel ini
Teknokrat Indonesia Raih Predikat Kampus Swasta Terbaik Versi Times Higher Education World’s Impact Ranking 2024
Teknokrat Indonesia Raih Predikat Kampus Swasta Terbaik Versi Times Higher Education World’s Impact Ranking 2024

Media90 – Universitas Teknokrat Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah pendidikan tinggi Indonesia.

Pada tahun 2024 ini, kampus yang terletak di Bandar Lampung ini dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Luar Pulau Jawa oleh Times Higher Education, sebuah lembaga pemeringkat berbasis di Inggris.

Pemeringkatan ini secara khusus mengukur kontribusi perguruan tinggi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam daftar yang diumumkan, Universitas Teknokrat Indonesia berhasil menempati peringkat tertinggi di antara perguruan tinggi swasta di luar Pulau Jawa, bersaing dengan lebih dari 4.523 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Salah satu kunci keunggulan Universitas Teknokrat Indonesia terletak pada komitmennya dalam mendukung berbagai SDGs.

Dalam kategori SDG 4 Quality Education, universitas ini meraih skor yang sangat baik, antara 44,2 hingga 49,9, yang menunjukkan dedikasinya dalam memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas tinggi.

Tidak hanya itu, dalam SDG 5 Gender Equality, Universitas Teknokrat Indonesia juga berhasil mencatatkan skor yang signifikan, yakni 42,1 hingga 48,1, yang mencerminkan upayanya dalam mencapai kesetaraan gender di lingkungan kampus.

Baca Juga:  Prestasi Gemilang: Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Terpilih untuk Pertukaran Mahasiswa Merdeka di IPB!

Dalam aspek SDG 6 Clean Water and Sanitation, universitas ini tidak kalah gemilang dengan skor 36,2 hingga 48,3, menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan pengelolaan air dan sanitasi.

Tak hanya fokus pada aspek internal, Universitas Teknokrat Indonesia juga diakui dalam SDG 17 Partnerships for the Goals dengan skor 1,7 hingga 36,8, yang menandakan perannya dalam memperkuat kerjasama global untuk pembangunan berkelanjutan.

Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM., Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, menegaskan pentingnya penghargaan ini bagi reputasi sebuah perguruan tinggi.

“Times Higher Education telah lama diakui sebagai lembaga pemeringkat yang kredibel, dan penghargaan ini memperkuat komitmen kami untuk terus berkontribusi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan secara global,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polres Tulang Bawang: Polda Lampung Menggelar Pelatihan Jurnalistik untuk Meningkatkan Kemampuan Anggota

Visi untuk menjadi universitas unggul di Sumatera dan berstandar internasional dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi juga mendapat dukungan penuh dari Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE., MBA.

Beliau menekankan bahwa capaian ini adalah hasil dari kerja keras seluruh tim manajemen dan sivitas akademika universitas.

“Kami bangga dapat terus meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tuntutan zaman dan isu-isu global seperti pencapaian Sustainable Development Goals,” ujarnya.

Prestasi gemilang Universitas Teknokrat Indonesia juga tercermin dalam UIGreenmetric, di mana kampus ini telah dua tahun berturut-turut meraih predikat PTS terbaik di luar Pulau Jawa.

UIGreenmetric sendiri mengukur upaya universitas dalam memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan, memperkuat posisi Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah satu institusi pendidikan terkemuka yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga dalam hal keberlanjutan lingkungan.

Baca Juga:  Target Pemungutan Pajak PBB-P2 Pemkot Bandar Lampung Capai 95 Miliar pada 2024

Dengan demikian, Universitas Teknokrat Indonesia terus mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemimpin dalam pendidikan tinggi di Indonesia, tidak hanya melalui pencapaian akademik tetapi juga dalam komitmennya terhadap nilai-nilai keberlanjutan global.

Prestasi ini bukan hanya milik kampus, tetapi juga menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan yang lebih baik di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *