BERITANASIONAL

Sinergi Sukses: Gubernur Lampung, IIB Darmajaya, dan Empat PTN-PTS Sepakat MoU KKN Siger

135
×

Sinergi Sukses: Gubernur Lampung, IIB Darmajaya, dan Empat PTN-PTS Sepakat MoU KKN Siger

Sebarkan artikel ini
Sinergi Sukses Gubernur Lampung, IIB Darmajaya, dan Empat PTN-PTS Sepakat MoU KKN Siger
Sinergi Sukses Gubernur Lampung, IIB Darmajaya, dan Empat PTN-PTS Sepakat MoU KKN Siger

Media90 – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya bersama empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Lampung telah sepakat untuk menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Siger Berjaya pada tanggal 23 Juni 2023 mendatang.

KKN Siger Berjaya akan melibatkan IIB Darmajaya, Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, dan Universitas Bandar Lampung (UBL).

“KKN ini bisa menjadi yang pertama di Indonesia, di mana KKN melibatkan PTN dan PTS yang berada di Provinsi Lampung dengan nama KKN Siger Berjaya,” kata Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Rektor Unila, dalam acara penandatanganan MoU di Aula Rektorat Lantai 2, Unila, pada Selasa (13/6/23).

Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi, Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., dan Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., serta perwakilan dari Rektor UIN Radin Intan dan Wakil Rektor 1 UBL turut hadir dalam acara tersebut.

“KKN Siger Berjaya memiliki makna Sinergi Bersama, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Berbudaya (Siger Berjaya). KKN akan dilaksanakan di tiga atau lima desa di Kabupaten Pesawaran,” tambah Prof. Lusmeilia Afriani.

Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., mengungkapkan rasa syukurnya atas ide yang diusulkan oleh Gubernur Lampung.

Ia menyatakan bahwa kolaborasi dan pembangunan dari desa sangat penting dilakukan, terutama mengingat sebagian besar sumber daya manusia dan sumber daya alam berada di desa.

“Ini merupakan tantangan bagi perguruan tinggi, dan dari gesture Pak Gubernur, Pemprov berharap perguruan tinggi dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Kita harus mengapresiasi dan menjawab tantangan Gubernur melalui KKN Siger Berjaya ini,” ujar Ketua Aptisi Wilayah II-B Lampung tersebut seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Firmansyah juga menyampaikan harapannya agar forum PTN dan PTS di Lampung dapat dihidupkan kembali.

Menurutnya, saat ini terdapat 69 PTS yang siap berkolaborasi dan berkontribusi dalam pembangunan di Lampung.

IIB Darmajaya telah terlibat dalam pembangunan dan pengembangan desa pintar dengan melibatkan 1.000 desa binaan termasuk BUMDes.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menyatakan bahwa KKN Siger Berjaya ini merupakan terobosan untuk memajukan daerah Lampung, terutama di wilayah pedesaan.

Melalui KKN Siger Berjaya, diharapkan mahasiswa, dosen, dan peneliti dari lima PTN dan PTS di Lampung dapat menggali berbagai potensi yang belum dimaksimalkan di desa-desa tersebut.

Dengan demikian, dapat dibangun program-program yang sesuai dengan keunggulan masing-masing daerah.

“Setiap daerah memiliki potensi yang spesifik, tidak sama dengan daerah lain. Tetapi program pembangunan yang selama ini dilakukan masih sama.

Ini yang harus kita perbaiki, sehingga Pemprov Lampung menggandeng perguruan tinggi baik negeri maupun swasta untuk ikut serta dalam pengembangan ide ini,” kata Arinal.

Arinal berharap bahwa melalui kerja sama ini, pembangunan desa sesuai dengan harapannya dapat terwujud.

Misalnya, dalam bidang teknik dengan melibatkan ITERA, bidang pertanian dengan Unila, teknologi informatika dengan IIB Darmajaya, dan bidang agama dengan melibatkan UIN Raden Intan.

Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) KKN Siger Berjaya oleh Gubernur Lampung dan kelima rektor dari IIB Darmajaya, Unila, ITERA, UIN Raden Intan, dan Universitas Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *