BERITA

Tarian Ragam Hati: Pameran Lampung Craft Ke-5 Memukau dengan Pesona Keindahan Lampung Timur

32
×

Tarian Ragam Hati: Pameran Lampung Craft Ke-5 Memukau dengan Pesona Keindahan Lampung Timur

Sebarkan artikel ini
Pameran Lampung Craft Ke-5 Usung Tema Pesona Keindahan Lampung Timur
Pameran Lampung Craft Ke-5 Usung Tema Pesona Keindahan Lampung Timur

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal telah secara resmi membuka perhelatan bergengsi, Lampung Craft V, di Graha Wangsa, Bumi Waras, Bandar Lampung pada Selasa, 7 Mei 2024.

Pameran tahunan ini, Lampung Craft ke-5, yang diselenggarakan pada tahun 2024, mengangkat tema yang memikat, yaitu “Pesona Keindahan Lampung Timur” atau dalam bahasa internasional disebut “The Aesthetic of East Lampung”.

Tema ini tidak hanya menjadi panggung bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memamerkan karya-karya unggulannya, tetapi juga sebagai wujud dukungan terhadap pertumbuhan industri kerajinan di Provinsi Lampung.

Berlangsung selama lima hari, dari 7 hingga 11 Mei 2024, pameran ini menampilkan 42 stand yang memamerkan beragam produk kerajinan khas Lampung.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, dalam sambutannya, mengapresiasi terselenggaranya pameran ini sebagai ajang promosi terbesar dan terlengkap di Provinsi Lampung.

Ia berharap pameran ini dapat menjadi dorongan penting dalam pembangunan ekonomi kreatif serta dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Lampung.

Arinal menegaskan bahwa Lampung Craft 2024 bukan hanya sekadar pameran, tetapi juga sebagai platform bagi para pengrajin untuk memperluas jaringan bisnis, meningkatkan penjualan, dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencintai dan membeli produk-produk lokal.

Pertumbuhan UMKM di Provinsi Lampung terus meningkat, dengan jumlah UMKM mencapai 492.986 unit usaha pada tahun 2023 menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI.

Arinal menekankan pentingnya peran UMKM dalam perekonomian daerah dan perlunya dorongan untuk mengembangkan UMKM menjadi lebih modern guna memberikan kontribusi yang lebih besar lagi.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menambahkan bahwa penyelenggaraan pameran secara konsisten menunjukkan keseriusan dan kesungguhan pemerintah dalam mendorong UMKM naik kelas, khususnya dalam sektor kerajinan.

Dalam upaya mendukung UMKM naik kelas, Riana menegaskan pentingnya kerja keras, konsistensi, dan upaya berkelanjutan dalam mendidik, membina, dan mengayomi para pelaku UMKM.

Setelah pembukaan resmi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Riana Sari Arinal langsung meninjau stand-stand Lampung Craft yang menampilkan berbagai produk kerajinan khas Lampung.

Ajang ini tidak hanya menjadi panggung bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan karyanya, tetapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para perajin, menjadikan Lampung Craft V sebagai acara yang sangat dinantikan dan bermanfaat bagi perkembangan ekonomi dan budaya Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *