BERITA

Tari Budaya Unila dan MPR RI Membawa Empat Pilar ke Generasi Muda Melalui Pagelaran Seni

182
×

Tari Budaya Unila dan MPR RI Membawa Empat Pilar ke Generasi Muda Melalui Pagelaran Seni

Sebarkan artikel ini
Lewat Pagelaran Seni Budaya, Unila dan MPR RI Sosialisasikan Empat Pilar ke Generasi Muda
Lewat Pagelaran Seni Budaya, Unila dan MPR RI Sosialisasikan Empat Pilar ke Generasi Muda

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Universitas Lampung (Unila) dan Badan Sosialisasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) telah berhasil menjalin kolaborasi yang berarti dengan menyelenggarakan sebuah pagelaran seni budaya yang bertujuan untuk menyosialisasikan pendidikan penguatan empat pilar.

Acara berlangsung meriah di Aula Fakultas Pertanian Unila pada Rabu, 1 November 2023.

Kerjasama ini didasari oleh tekad bersama Unila dan MPR RI untuk memperkenalkan nilai-nilai empat pilar, yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar 1945 kepada generasi muda Indonesia.

Dalam upaya mencapai tujuan ini, kedua lembaga tersebut memilih jalur seni budaya sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pesan-pesan tersebut.

Kegiatan dimulai dengan kirab kebudayaan yang menarik perhatian banyak orang. Peserta kirab berjalan dari Gedung Rektorat Unila menuju Aula Fakultas Pertanian, diiringi oleh tarian-tarian khas Lampung, seperti Tari Piring 12, Tari Melinting, Tari Bedana, dan Tari Nyambai.

Tarian-tarian ini dipersembahkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila.

Keberagaman budaya Indonesia tercermin dalam berbagai elemen seni budaya yang dipersembahkan, menunjukkan betapa beragamnya warisan budaya bangsa ini.

Pihak Unila merasa sangat berbahagia atas kehadiran Badan Sosialisasi MPR RI dalam acara ini. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kolaborasi ini.

Menurutnya, kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa Unila untuk lebih memahami dan mengukuhkan komitmen mereka terhadap empat pilar NKRI.

Taufik Basari, Wakil Badan Sosialisasi MPR RI, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Unila atas kesempatan untuk mengadakan acara sosialisasi ini.

Dia berharap bahwa pagelaran seni budaya ini akan menjadi alat yang efektif untuk mengingatkan pentingnya menjaga empat pilar MPR RI dan memahami keberagaman Indonesia.

Taufik Basari juga mengungkapkan bahwa acara ini merupakan yang kedua kalinya di tahun ini, setelah sebelumnya diselenggarakan di Universitas Udayana, Bali.

Sosialisasi empat pilar MPR RI dapat dilakukan melalui berbagai upaya, termasuk seminar dan pagelaran seni budaya.

Pada acara tersebut, turut hadir beberapa tokoh penting seperti Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Fraksi PAN, Alimin Abdullah, Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI Fraksi PPP, Mohammad Arwani Thomafi, dan beberapa anggota Badan Sosialisasi MPR RI lainnya.

Keseluruhan acara menciptakan momen penting dalam upaya memperkuat pemahaman generasi muda terhadap nilai-nilai empat pilar dan mempromosikan persatuan dalam keberagaman, dua hal yang sangat penting bagi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *