BERITA

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Berprestasi: Menggelar PKM Inspiratif di SMK Negeri 7 Bandar Lampung

81
×

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Berprestasi: Menggelar PKM Inspiratif di SMK Negeri 7 Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Universitas Teknokrat Indonesia Gelar PKM Sekolah Binaan di SMK Negeri 7 Bandar Lampung
Universitas Teknokrat Indonesia Gelar PKM Sekolah Binaan di SMK Negeri 7 Bandar Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Tim Dosen Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), yang dikenal sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di ASEAN, telah menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMK Negeri 7 Bandar Lampung.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan game for education dengan menggunakan aplikasi Construct 2 kepada siswa-siswa SMK Negeri 7.

Tim PKM Universitas Teknokrat Indonesia Kampus Hijau Sang Juara, dipimpin oleh Suaidah, M.Kom, dan didukung oleh anggota lainnya, yakni Ade Surahman, M.Kom, Permata, M. Si, dan Rahmad Dedi Gunawan, M.Kom.

Turut serta dalam kegiatan ini, mahasiswa program studi S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi, yaitu Mico Fahrizal, Fikih Yuhada Sena, dan Rido Febryansyah.

Pelatihan Game for Education ini bertujuan untuk membantu para peserta memahami konsep dan teori di balik pengembangan game edukatif, serta memberikan keterampilan teknis dalam pengembangan dan implementasi game yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Dalam beberapa tahun terakhir, game telah menjadi semakin populer sebagai media pembelajaran di seluruh dunia.

Penggunaan game dalam pembelajaran telah terbukti dapat meningkatkan minat belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam proses pendidikan.

Program pelatihan game for education yang diadakan oleh Tim Dosen Universitas Teknokrat Indonesia membantu para peserta untuk memahami cara merancang game yang efektif dan menarik untuk pembelajaran, serta bagaimana mengukur hasil belajar siswa melalui game tersebut.

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan berbagai topik seperti desain game, teknik pengembangan, dan penilaian hasil belajar.

Seluruh kegiatan ini dipandu oleh Ade Surahman, M.Kom, yang memberikan pengajaran menggunakan aplikasi Construct 2.

Siswa-siswi SMK Negeri 7 Bandar Lampung sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena mereka menyadari banyak manfaat yang dapat diperoleh dari materi yang diajarkan.

Selain mendapatkan pengetahuan baru dalam pengembangan game for education menggunakan Construct 2, para siswa juga mendapatkan pengalaman dalam membuat game dengan lebih mudah berkat fitur drag and drop serta sistem logika berbasis perilaku (behavior-based logic system) yang disediakan oleh Construct 2.

“Setelah menyelesaikan pelatihan game for education ini, diharapkan siswa-siswi dapat mengerti konsep dalam membuat game dan meningkatkan keterampilan mereka dalam pengoperasian aplikasi Construct 2,” ungkap Ade Surahman, M.Kom.

Kegiatan PKM ini merupakan bagian dari komitmen UTI dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan dunia pendidikan, serta membantu siswa-siswa di SMK Negeri 7 Bandar Lampung dalam memperoleh pemahaman yang lebih baik melalui penggunaan game sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Semoga pelatihan ini memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi para peserta dan menjadi langkah awal dalam menghadirkan inovasi-inovasi pendidikan yang lebih maju di masa depan.