BERITA

Syarat & Formasi CPNS Lulusan SMA dan S1: Bukaan Seleksi 17 September 2023

226
×

Syarat & Formasi CPNS Lulusan SMA dan S1: Bukaan Seleksi 17 September 2023

Sebarkan artikel ini
Seleksi Penerimaan CPNS Dibuka 17 September 2023, ini Syarat dan Formasi CPNS Lulusan SMA dan S1
Seleksi Penerimaan CPNS Dibuka 17 September 2023, ini Syarat dan Formasi CPNS Lulusan SMA dan S1

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 17 September 2023, pintu pendaftaran untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan resmi dibuka.

Bagi semua yang tertarik untuk menjadi bagian dari pemerintahan melalui seleksi CPNS 2023, saatnya mempersiapkan diri dengan matang sesuai persyaratan yang telah ditentukan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas persyaratan yang harus dipenuhi dan formasi yang tersedia dalam CPNS 2023, baik untuk lulusan S1 maupun lulusan SMA.

Berdasarkan surat resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang memuat jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2023, pembukaan pendaftaran dimulai pada tanggal 17 September 2023.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan peluang bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Namun, persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) masih diperlukan untuk implementasi PPPK.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Kementerian PANRB, terdapat total 78.862 formasi CPNS 2023 yang akan dibuka untuk 72 instansi pemerintah pusat, serta 493.634 formasi untuk pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Formasi CPNS pemerintah pusat terdiri dari 28.903 formasi CPNS 2023 dan 49.959 formasi PPPK.

Sedangkan penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk pemerintahan daerah di Indonesia secara khusus dialokasikan untuk formasi PPPK 2023.

Adapun rincian formasi yang tersedia mencakup 296.084 formasi PPPK untuk guru, 154.724 formasi PPPK untuk tenaga kesehatan, dan 42.826 formasi PPPK untuk tenaga teknis.

Harap diketahui bahwa seleksi CPNS 2023 ini membuka alokasi penerimaan bagi lulusan S1 maupun lulusan SMA setara.

Salah satu contoh instansi yang turut berpartisipasi dalam penerimaan ASN adalah Kejaksaan Agung Republik Indonesia, yang akan menerima total 8.095 ASN.

Dari jumlah tersebut, 7.846 formasi diperuntukkan bagi CPNS 2023, dan sisanya, yaitu 249 formasi, akan diisi melalui penerimaan PPPK pada tahun ini.

Kementerian PANRB menetapkan kebutuhan total untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) nasional 2023 sebanyak 1.030.751 formasi.

Namun, perlu dicatat bahwa beberapa instansi mungkin tidak mengajukan permohonan untuk formasi, baik di tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Di bawah ini adalah prakiraan awal mengenai daftar formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan lulusan S1 yang akan tersedia, berdasarkan data hingga Minggu, 13 Agustus 2023:

  1. Bidang kejaksaan
  2. Bidang kehakiman
  3. Bidang intelijen
  4. Tenaga dosen
  5. Bidang kesehatan
  6. Bidang pendidikan

Sehubungan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh MenPAN-RB dalam Nomor 27 Tahun 2021 mengenai Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar untuk pendaftaran CPNS dan PPPK 2023:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimum 18 tahun dan maksimum 35 tahun
  3. Tidak pernah memiliki catatan pidana penjara
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau berhenti dengan hormat dari PNS, TNI, atau kepolisian
  5. Tidak sedang memiliki status sebagai CPNS, PNS, TNI, atau pekerjaan sejenis
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dibuka
  7. Kondisi jasmani dan rohani sehat
  8. Bukan anggota atau pengurus partai politik
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain sesuai dengan ketentuan instansi pemerintah.

Selain persyaratan di atas, terdapat juga beberapa dokumen pendukung yang harus disiapkan oleh para pelamar CPNS dan PPPK 2023, seperti fotokopi ijazah terakhir, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi akta kelahiran, pas foto, surat pernyataan kesediaan penempatan di mana pun, dan Curriculum Vitae (CV).

Harap diingat bahwa persyaratan berkas dokumen ini dapat berbeda-beda sesuai dengan formasi yang dibuka dan persyaratan dari masing-masing instansi pemerintah saat pendaftaran.

Para calon pelamar CPNS dan PPPK 2023 dapat melakukan pendaftaran melalui laman resmi https://sscasn.bkn.go.id. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar:

  1. Buat akun dengan mengunjungi laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  2. Isi seluruh informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan akun, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nomor HP, dan alamat email aktif
  3. Klik “Lanjutkan” setelah mengisi semua data dengan benar
  4. Pilih menu “Proses Pendaftaran Akun”
  5. Tunggu hingga muncul konfirmasi bahwa informasi pendaftaran telah berhasil

Setelah berhasil membuat akun, langkah berikutnya adalah:

  1. Masuk ke akun SSCASN yang sudah terdaftar
  2. Lengkapi data diri yang diminta, dan unggah foto diri sesuai petunjuk
  3. Setelah selesai, klik “Selanjutnya”

Selanjutnya, pelamar perlu memilih jenis seleksi (CPNS atau PPPK) serta formasi lulusan atau tingkat pendidikan yang sesuai dengan keinginan.

Setelah itu, pelamar harus mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran dan format yang telah ditentukan oleh instansi.

Terakhir, pastikan untuk memeriksa resume dan selesaikan proses pendaftaran. Jangan lupa untuk mencetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran sebagai bukti.

Demikianlah daftar formasi CPNS 2023 yang tersedia untuk lulusan SMA hingga S1. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua yang berminat untuk bergabung dengan pemerintahan melalui seleksi CPNS 2023.

Terus pantau laman resmi dan ikuti langkah-langkah pendaftaran dengan cermat. Kesuksesan berada di tangan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *