BERITA

Suasana Damai Pemilu Sambut Perayaan Imlek di Bandar Lampung Tanpa Atraksi Barongsai

35
×

Suasana Damai Pemilu Sambut Perayaan Imlek di Bandar Lampung Tanpa Atraksi Barongsai

Sebarkan artikel ini
Masuk Masa Tenang Pemilu, Perayaan Imlek di Bandar Lampung Sederhana dan Tanpa Atraksi Barongsai
Masuk Masa Tenang Pemilu, Perayaan Imlek di Bandar Lampung Sederhana dan Tanpa Atraksi Barongsai

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Perayaan Hari Raya Imlek 2575 Kongzili di sejumlah wihara di Kota Bandar Lampung berlangsung dengan khidmat dan sederhana.

Pengurus Wihara Thay Hin Bio, Viria, menyatakan bahwa persiapan untuk perayaan Imlek kali ini jauh lebih matang dibanding sebelumnya.

Viria menjelaskan bahwa perayaan malam Imlek di seluruh wihara di Kota Bandar Lampung dilakukan dengan sederhana.

“Tentu kami beserta wihara yang ada di Kota Bandar Lampung pada malam Imlek ini melakukan perayaan dengan sederhana, karena Minggu masuk masa tenang menjelang pemilu. Jadi tidak ada barongsai dan hanya umat berdoa menghidupkan lilin sekaligus membakar dupa,” kata Viria.

Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga situasi tetap kondusif.

“Ini dilakukan agar semua tetap kondusif. Selain itu, kami mengimbau kepada umat Budha untuk menyalurkan hak pilihnya, jangan golput di Pemilu, karena memilih itu menjadi hak warga negara,” ucap Viria.

Dalam malam pergantian Tahun Baru Imlek ini, umat Buddha, Konghucu, dan Tao tetap mendoakan agar Pemilu dapat berjalan damai, lancar, dan bersukacita.

“Imlek tahun ini adalah tahun naga dengan unsur kayu. Jadi harapannya di 2024 ini penuh dengan kemakmuran, dan penuh kekuatan tapi harus tetap bekerja dengan tekun, konsisten, untuk mendapatkan berkah melimpah,” tambah dia.

Viria juga menyebutkan bahwa dalam perayaan malam Imlek di Wihara Thay Hin Bio terpasang sebanyak 300 lilin yang dihidupkan oleh umat yang bersembahyang.

“Besok akan tetap bersembahyang untuk umat. Harapannya tahun ini dapat terus berjalan dengan baik dan apa yang dicita-citakan dapat terwujud. Untuk lilin ada kenaikan 5%. Kali ini total ada 300 lebih lilin terpasang,” kata dia.

Kapolda Tinjau Pengamanan Imlek

Kapolda Lampung, Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika, meninjau pengamanan malam Imlek di sejumlah vihara di Bandar Lampung.

Peninjauan tersebut difokuskan pada persiapan pengamanan pada Hari Raya Imlek yang jatuh pada Sabtu (10/2/2024).

Sejumlah vihara yang dikunjungi antara lain Vihara Thay Hin Bio, Vihara Amurwa Bhumi Graha, dan Vihara Bodhisattva yang berada di Teluk Betung Selatan Bandar Lampung.

Dalam kunjungannya yang didampingi Kapolresta Bandar Lampung, Komisaris Besar (Kombes) Abdul Waras, Kapolda mengecek persiapan personel untuk pengamanan Imlek.

Persiapan pengamanan ini dilakukan agar warga keturunan Tionghoa bisa menjalankan ibadahnya dengan khusyuk dan aman ketika merayakan Tahun Baru China.

“Malam ini kita lakukan pengecekan persiapan pengamanan. Ini agar pengamanan saat prosesi ibadah esok bisa berjalan tanpa gangguan kamtibmas,” kata Helmy usai kunjungannya.

Helmy menekankan bahwa Lampung adalah provinsi yang sangat beragam suku dan agama, di mana semua pemeluk agama dijamin kebebasannya menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing sesuai Undang-Undang.

“Kerukunan umat beragama di Bandar Lampung sangat tinggi, dan ini bentuk nyata. Kita menolak tegas aksi-aksi intoleransi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *