BERITA

Unila dan Universitas Maarif Melangkah Bersama dalam Kolaborasi Tri Darma Perguruan Tinggi

60
×

Unila dan Universitas Maarif Melangkah Bersama dalam Kolaborasi Tri Darma Perguruan Tinggi

Sebarkan artikel ini
Unila dan Universitas Maarif Teken Kerjasama Kolaborasi Pendidikan Tri Darma Perguruan Tinggi
Unila dan Universitas Maarif Teken Kerjasama Kolaborasi Pendidikan Tri Darma Perguruan Tinggi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Univeritas Lampung (Unila) dan Universitas Maarif Lampung (Umala) telah menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam upaya untuk meningkatkan kolaborasi pendidikan antara kedua universitas.

Penandatanganan MoU berlangsung di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai II Unila pada Senin (23/10/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, Rektor Umala Dr. Mispani, M.Pd.I., serta beberapa wakil rektor, dekan, dan kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari masing-masing universitas.

Rektor Umala, Dr. Mispani, menyatakan bahwa Umala ingin memahami lebih lanjut konsep tri darma perguruan tinggi yang telah diimplementasikan Unila.

“Kami (Umala) ingin belajar banyak dari Unila, sebagai universitas tertua di Lampung yang telah menerapkan tri darma perguruan tinggi dengan baik,” kata Mispani.

Umala berharap bahwa melalui kerjasama ini, kedua universitas dapat berkolaborasi lebih erat dalam bidang kemahasiswaan dan penelitian.

Saat ini, Umala tengah mengembangkan lima program studi umum, dan mereka berharap dapat mendapatkan panduan dan bimbingan dari Unila dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Sementara itu, Rektor Unila, Prof. Lusmeilia, menjelaskan bahwa Unila saat ini memiliki hampir 40.000 mahasiswa yang tersebar di 120 program studi, 62 jurusan, delapan fakultas, dan satu pasca sarjana.

“Dengan perkembangan ini, Unila siap menjadi contoh bagi Umala dalam berbagai aspek. Salah satunya, pengelolaan sampah semakin teratur dengan pengujian pembakaran sampah plastik yang dapat menghasilkan minyak,” ungkap Prof. Lusmeilia Afriani.

Selain itu, penanganan narkoba dan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) juga menjadi perhatian Unila, dengan 200 orang dalam proses pemeriksaan narkoba sebagai upaya menjaga lingkungan kampus yang bersih dan aman.

Dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan dapat membuka jalan menuju kolaborasi berkelanjutan antara Unila dengan Umala, sehingga kedua institusi dapat memberikan manfaat positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan berbagi pengetahuan di masa mendatang.

Kerjasama ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di Lampung.