BERITA

Unila Mempersembahkan 66 Dokter Baru di Momen Ramadan: Pesan Inspiratif dari Rektor untuk Lulusan

25
×

Unila Mempersembahkan 66 Dokter Baru di Momen Ramadan: Pesan Inspiratif dari Rektor untuk Lulusan

Sebarkan artikel ini
Momen Ramadan, Unila Angkat Sumpah 66 Dokter Baru, ini Pesan Rektor ke Lulusan Dokter
Momen Ramadan, Unila Angkat Sumpah 66 Dokter Baru, ini Pesan Rektor ke Lulusan Dokter

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Momen Ramadan tahun 1445 Hijriah menjadi lebih berkesan bagi para dokter muda dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila).

Senat FK Unila menggelar rapat luar biasa untuk prosesi pengambilan sumpah dokter periode pertama tahun 2024 di Gedung Serba Guna (GSG) Unila pada Rabu (20/3/2024).

Ketua Senat Unila, Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes, secara resmi membuka prosesi pengambilan sumpah bagi 66 dokter baru Unila, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam prosesi yang penuh makna tersebut, Dekan FK Unila, Dr. dr. Evi Kurniawati, S.Ked., M.Sc., memimpin pengambilan sumpah dokter, dengan didampingi oleh rohaniwan dari empat agama yang dianut oleh para dokter muda. Acara ini turut disaksikan oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting.

Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng, Rektor Unila, menyampaikan ucapan selamat kepada para dokter baru atas keberhasilan mereka dalam menyelesaikan pendidikan dokter dengan hasil memuaskan.

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada kedua orang tua yang telah mendidik putra-putrinya dengan tekun dan sabar.

“Prodi Kedokteran Unila saat ini telah terakreditasi A dan terus menuju akreditasi internasional,” ungkap Prof. Lusmeilia Afriani, menegaskan prestasi Fakultas Kedokteran Unila dalam berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik.

Lebih lanjut, Prof. Lusmeilia Afriani menyampaikan harapannya agar para lulusan dapat memberikan pelayanan kesehatan optimal bagi keluarga, masyarakat, dan negara.

Ia mengungkapkan bahwa Unila sedang mengalami perkembangan signifikan, termasuk di Fakultas Kedokteran.

Pembangunan Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) di Lampung, yang akan menjadi Integrated Research Center (IRC) pertama di Pulau Sumatra, menjadi bukti nyata dari kemajuan tersebut.

Diharapkan bahwa RSPTN Unila tidak hanya berfungsi sebagai penyedia layanan kesehatan masyarakat Lampung, tetapi juga sebagai pusat riset dan pembelajaran bagi mahasiswa FK Unila.

Pembangunan RSPTN ini merupakan hasil dari proyek “Higher Education for Technology and Innovation” (HETI) yang didanai melalui pinjaman dari Asian Development Bank (ADB), dengan pengawasan yang ketat sesuai undang-undang yang berlaku.

Prof. Lusmeilia juga memberikan penghargaan kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan atas dedikasi mereka dalam mendidik calon dokter di Fakultas Kedokteran Unila.

“Tetaplah semangat mengabdikan ilmu dan peran sebagai dokter dalam masyarakat. Tingkatkan potensi dan keilmuan untuk menyejahterakan masyarakat, raih jenjang ilmu lebih tinggi untuk mendukung profesi sebagai dokter,” ujarnya dengan tegas.

Sebagai lulusan Unila yang memiliki kekhususan di bidang Agromedicine, Prof. Lusmeilia memberikan pesan kepada para dokter baru untuk menjaga nama baik dan reputasi Unila.

Mereka diharapkan mampu memberikan pelayanan promotif dan preventif yang tepat, serta mampu melakukan diagnosis, terapi, tindak lanjut, dan edukasi yang sesuai bagi pasien.

“Jadilah garda terdepan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan menyukseskan pencapaian tujuan Millenium Development Goals (MDGs),” tambahnya.

Dalam acara bersejarah ini, turut hadir sejumlah tokoh penting, termasuk perwakilan dari Senat Unila, jajaran wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, serta perwakilan dari pemerintah daerah, IDI, dan RSP Utama serta afiliasi Fakultas Kedokteran Unila.

Momen pengambilan sumpah dokter baru ini tidak hanya menjadi momen penting bagi Unila dan para lulusannya, tetapi juga menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan pelayanan kesehatan dan pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *