BERITA

Sinergi Data: BPS Provinsi Lampung dan IIB Darmajaya Mengukuhkan Kerjasama Statistik Hingga ke Pelosok Desa

15
×

Sinergi Data: BPS Provinsi Lampung dan IIB Darmajaya Mengukuhkan Kerjasama Statistik Hingga ke Pelosok Desa

Sebarkan artikel ini
BPS Provinsi Lampung – IIB Darmajaya MoU dan PKS Pojok Statistik Hingga Desa Cantik
BPS Provinsi Lampung – IIB Darmajaya MoU dan PKS Pojok Statistik Hingga Desa Cantik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung telah meresmikan kemitraan baru mereka melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan pada Senin, 1 April 2024.

Acara tersebut berlangsung di Aula Lantai III Kantor BPS Provinsi Lampung.

Penandatanganan tersebut melibatkan Rektor IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., dan Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis.

Turut hadir pula dalam acara ini Wakil Rektor 1 Bidang Akademik IIB Darmajaya, Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I.

MoU yang ditandatangani merupakan bagian dari kerjasama dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Selain itu, perjanjian kerjasama (PKS) juga ditandatangani terkait dengan inisiatif Pojok Statistik dan Desa Cantik.

Menurut Atas Parlindungan Lubis, kesepakatan ini akan menjadi dasar penting dalam mendukung penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi serta program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Ia menegaskan bahwa kerjasama ini akan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Lubis menjelaskan bahwa kerjasama seperti ini sangatlah penting karena menyelaraskan peran BPS dalam penyelenggaraan Sistem Statistik Nasional dengan kontribusi dari perguruan tinggi seperti IIB Darmajaya.

Dengan demikian, sistem statistik nasional tidak hanya menjadi tanggung jawab BPS semata, tetapi juga melibatkan berbagai pihak termasuk lapisan masyarakat dan perguruan tinggi.

RZ Abdul Aziz menyambut baik kesepakatan ini, menyatakan bahwa mahasiswa dan dosen dari IIB Darmajaya sering menggunakan data sekunder dalam penelitian mereka.

Oleh karena itu, kerjasama dengan BPS Provinsi Lampung membuka peluang luas bagi penggunaan data yang lebih mutakhir dan terpercaya.

Dalam kesempatan tersebut, BPS Provinsi Lampung juga menjalin MoU dan PKS dengan Institut Teknologi Sumatra (ITERA), menunjukkan komitmen mereka dalam memperluas jaringan kerjasama dengan perguruan tinggi di daerah. Acara ini dihadiri oleh jajaran ahli madya dan karyawan BPS Provinsi Lampung.

Kerjasama antara IIB Darmajaya dan BPS Provinsi Lampung diharapkan dapat membawa manfaat yang besar, baik bagi dunia akademis maupun bagi masyarakat luas.

Dengan sinergi yang kuat antara lembaga pendidikan dan lembaga statistik, diharapkan akan tercipta sistem statistik nasional yang lebih baik dan lebih responsif terhadap kebutuhan pembangunan di tingkat lokal maupun nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *