BERITA

Senat Politeknik Negeri Lampung Mengukuhkan Prof Sarono Sebagai Guru Besar Perintis

96
×

Senat Politeknik Negeri Lampung Mengukuhkan Prof Sarono Sebagai Guru Besar Perintis

Sebarkan artikel ini
Senat Politeknik Negeri Lampung Mengukuhkan Prof Sarono Sebagai Guru Besar Perintis
Senat Politeknik Negeri Lampung Mengukuhkan Prof Sarono Sebagai Guru Besar Perintis

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) melangsungkan sidang senat terbuka untuk mengukuhkan Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si sebagai Guru Besar.

Acara tersebut diadakan di Gedung Serba Guna kampus pada Kamis (13/7/2023).

Pengukuhan Prof. Sarono sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Gizi Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Lampung ini merupakan yang pertama sejak Polinela berdiri 39 tahun yang lalu.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur I Polinela Bidang Akademik, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan Prof. Sarono sebagai Guru Besar di Politeknik Negeri Lampung.

Dwi berharap bahwa pengukuhan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi semua orang untuk mencapai gelar Guru Besar di masa depan.

Dwi juga menekankan bahwa pencapaian gelar Guru Besar ini bukan hanya merupakan pencapaian individu, tetapi juga kebanggaan bagi institusi Polinela.

Menurutnya, ini menunjukkan bahwa Politeknik Negeri Lampung memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan teruji ilmunya. Keberadaan Prof. Sarono sebagai Guru Besar diharapkan dapat memperkuat citra Politeknik Negeri Lampung di masyarakat.

Pentingnya jabatan Guru Besar sebagai pengakuan kompetensi akademik juga disampaikan oleh Dwi.

Dia berharap bahwa kehadiran Guru Besar ini akan mendorong terwujudnya mimpi bersama dalam mencetak generasi masa depan yang unggul.

Acara pengukuhan Guru Besar Politeknik Negeri Lampung juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M, Rektor Institut Teknologi Sumatera, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dan Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y.A., MBA., M.Sc.

Berikut adalah profil singkat Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si:

  • Gelar: Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Pangan dan Gizi Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Lampung.
  • Riwayat Pendidikan:
    • 1990: Sarjana (S1) dari Universitas Lampung dengan skripsi berjudul “Pengaruh Gula dan Kuning Telur terhadap Karakteristik Pati Sukun”.
    • 1997: Magister (S2) dari Institut Pertanian Bogor dengan tesis berjudul “Perencanaan Agroindustri Pola PIR Trans mandiri di Provinsi Lampung”.
    • 2014: Doktoral (S3) dari Institut Pertanian Bogor dengan disertasi berjudul “Strategi Pengurangan Gas Rumah Kaca melalui Konversi Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit menjadi Energi Listrik”.
  • Riwayat Kerja:
    • 1992: Dosen Tetap Jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Lampung.
    • 2001-2005: Ketua Laboratorium Teknologi Hasil Pangan (THP) Polinela.
    • 2005-2007: Ketua Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat.
    • 2007-2009: Ketua Divisi Informasi Bisnis & Jasa Ketenagakerjaan.
    • 2014-2017: Ketua Jurusan Teknologi Pertanian.
    • 2017-2021: Direktur Politeknik Negeri Lampung.
    • 2021-2025: Direktur Politeknik Negeri Lampung.

Dengan pengalaman dan kompetensinya yang luas, Prof. Sarono akan menjadi aset berharga bagi Politeknik Negeri Lampung dalam mencapai visi dan misi pendidikan yang lebih baik di masa depan.

Semoga pengukuhan ini menjadi awal dari banyak prestasi dan kontribusi yang luar biasa dari Prof. Sarono sebagai Guru Besar di Politeknik Negeri Lampung.