BERITA

Rumah Sakit Hewan Pertama di Lampung Mulai Beroperasi di Metro, Target Jadi Pusat Hilirisasi Ternak Terwujud

157
×

Rumah Sakit Hewan Pertama di Lampung Mulai Beroperasi di Metro, Target Jadi Pusat Hilirisasi Ternak Terwujud

Sebarkan artikel ini
Target Jadi Pusat Hilirisasi Ternak, Rumah Sakit Hewan Pertama di Lampung Resmi Beroperasi di Metro
Target Jadi Pusat Hilirisasi Ternak, Rumah Sakit Hewan Pertama di Lampung Resmi Beroperasi di Metro

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Lampung telah resmi melangkah maju dengan membuka Rumah Sakit Hewan (RSH) pertama di wilayahnya, yang berlokasi di Metro, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 155.

Pembukaan ini ditandai dengan peresmian yang dilakukan oleh Gubernur Lampung pada Selasa, tanggal 27 Februari 2024.

Keberadaan RSH ini menjadi sorotan utama, tidak hanya karena merupakan yang pertama di Lampung, tetapi juga karena akan berperan penting dalam menjaga kesehatan hewan di Metro dan daerah sekitarnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan pentingnya inisiatif ini dalam memperkuat sektor kesehatan hewan, yang selama ini menjadi fokus perhatian yang kurang.

Arinal Djunaidi menyoroti dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung, yang secara penuh mendukung pembangunan dan operasional RSH ini.

Ia juga menegaskan bahwa Lampung telah mencapai kemandirian, sehingga dapat bergerak maju tanpa ketergantungan pada pemerintah pusat.

Menurutnya, Lampung saat ini tidak memiliki hutang, yang menunjukkan kestabilan keuangan daerah.

Selain memberikan pelayanan kesehatan hewan, RSH ini juga diharapkan dapat menjadi pusat hilirisasi ternak di Lampung.

Arinal menekankan potensi untuk mengembangkan ekonomi lokal melalui sektor peternakan, baik melalui ternak konsumsi maupun hias.

Ia bahkan mengusulkan kemungkinan impor binatang hias seperti kucing dengan kualitas baik dari luar negeri, yang kemudian dapat dikembangbiakkan di Metro untuk meningkatkan nilai ekonomisnya.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjudin, juga mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung dalam mewujudkan RSH ini.

Ia menyebut potensi Metro sangat baik, terutama sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) di Lampung, sehingga keberadaan RSH ini sangatlah penting.

Di sisi lain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKP3) Metro, Heri Wiranto, menjelaskan bahwa RSH ini akan menyediakan berbagai layanan mulai dari penyakit ringan hingga berat.

Terdapat sembilan dokter hewan berstatus PNS dan dua tenaga kerja kontrak yang akan bertanggung jawab atas pelayanan tersebut.

Dengan adanya RSH ini, diharapkan masyarakat tidak hanya akan mendapatkan akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan hewan, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan hewan dan pada gilirannya, kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Langkah ini menjadi bukti nyata komitmen Lampung dalam menjaga keberlangsungan hidup dan kesejahteraan seluruh makhluk hidup di wilayahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *