BERITA

Rombongan 25 Ribu Nahdliyin Lampung Menuju GBK Jakarta untuk Merayakan Harlah ke-78 NU Melalui Pelabuhan Bakauheni

130
×

Rombongan 25 Ribu Nahdliyin Lampung Menuju GBK Jakarta untuk Merayakan Harlah ke-78 NU Melalui Pelabuhan Bakauheni

Sebarkan artikel ini
Hadiri Harlah ke-78 NU, 25 Ribu Nahdliyin Lampung Berangkat ke GBK Jakarta via Pelabuhan Bakauheni
Hadiri Harlah ke-78 NU, 25 Ribu Nahdliyin Lampung Berangkat ke GBK Jakarta via Pelabuhan Bakauheni

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebanyak 25 ribu warga Nahdlatul Ulama (NU) dari Provinsi Lampung dengan semangat tinggi berangkat menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, untuk mengikuti peringatan Hari Lahir (Harlah) NU ke-78.

Kemeriahan acara ini diprediksi akan menjadi momen bersejarah bagi para jemaah NU, yang secara resmi dimulai pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Lampungpro.co melaporkan bahwa di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, ribuan kendaraan mulai dari bus hingga kendaraan pribadi, penuh dengan warga NU, memadati area pelabuhan sejak pagi hari.

Petugas Polres Lampung Selatan terlihat sibuk melakukan pengamanan dan memberikan arahan kepada setiap bus yang memasuki pelabuhan.

Puji Raharjo, Ketua PWNU Lampung, mengungkapkan bahwa setidaknya 25 ribu jemaah dari 15 kabupaten/kota se-provinsi Lampung ikut serta dalam perayaan Harlah.

Mereka diperkirakan menggunakan lebih dari 1.000 unit kendaraan, termasuk bus, kendaraan pribadi, dan minibus.

“Ada sekitar 25 ribu warga Nahdlatul Ulama Lampung yang berasal dari 15 Kabupaten/Kota. Diperkirakan ada sekitar 1.000 kendaraan yang digunakan untuk menuju kesana (GBK),” ujar Puji pada Jumat, 19 Januari 2024.

Puji juga mengapresiasi tingginya antusiasme warga NU asal Lampung yang ikut meramaikan Harlah. Dia menekankan peran NU dalam menjaga keutuhan Republik ini, terutama di tengah transisi menuju Indonesia Emas 2045.

“Saya tidak menduga antusias warga NU Lampung untuk meramaikan Harlah ini sangat luar biasa. Sesuai dengan tema Harlah ke-101 NU dan ke-78 Muslimat NU yakni mengawal kinerja dan memenangkan Indonesia di tengah transisi menjelang Indonesia emas 2045,” ucap Puji.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, melaporkan bahwa hingga pukul 23.00 WIB, masih banyak kendaraan warga NU yang tiba di Pelabuhan Bakauheni. Meskipun demikian, kondisi arus kendaraan masih lancar.

“Kami dari Polres Lampung Selatan akan memberikan pelayanan terutama pengamanan kepada setiap masyarakat yang akan melakukan penyeberangan melalui pelabuhan ini,” kata Kapolres.

Sejumlah ibu, kebanyakan dari kalangan lansia, juga menunjukkan semangat tinggi untuk hadir dalam acara Harlah Muslimat NU ke-78 Tahun.

Ahmad Rifai, Pemuda Ansor yang menjadi pembimbing warga NU asal Lampung Timur, menyebutkan bahwa antusiasme warga Lampung cukup mengesankan, dengan perwakilan puluhan ribu orang dari setiap kecamatan.

“Ya, ini khusus Lampung Timur saja per kecamatan bisa 50 sampai 100-an orang ikut,” ungkap Rifai.

Harlah NU ke-78 tahun ini dipusatkan di Jakarta, dan masyarakat Lampung berharap peringatan ini akan menjadi momen yang membangkitkan semangat dan memeriahkan kegiatan Harlah NU secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *