BERITANASIONAL

Momentum Harkonas 2023: Gubernur Ramaikan Senam Bersama, Sorot Konsumen Berdaya dalam Kejayaan Ekonomi Lampung

162
×

Momentum Harkonas 2023: Gubernur Ramaikan Senam Bersama, Sorot Konsumen Berdaya dalam Kejayaan Ekonomi Lampung

Sebarkan artikel ini
Momentum Harkonas 2023 Gubernur Ramaikan Senam Bersama, Sorot Konsumen Berdaya dalam Kejayaan Ekonomi Lampung
Momentum Harkonas 2023 Gubernur Ramaikan Senam Bersama, Sorot Konsumen Berdaya dalam Kejayaan Ekonomi Lampung

Media90 – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, turut serta dalam Senam Bersama yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2023.

Acara tersebut berlangsung di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, pada Jumat (16/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal menggaungkan tema Harkonas tahun ini, yaitu “Konsumen Berdaya Ekonomi Lampung Berjaya”.

Peringatan Harkonas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsumen tentang hak dan kewajibannya serta memberikan peran penting kepada konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi.

Selain itu, tujuan lainnya adalah mewujudkan konsumen yang cerdas dan mencintai produk dalam negeri.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, disampaikan harapan bahwa acara ini akan memotivasi para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

Hal ini diharapkan akan membuat mereka siap bersaing di pasar global, yang pada akhirnya akan mendukung pemberdayaan ekonomi daerah dan nasional.

Fahrizal juga menjelaskan bahwa peringatan Harkonas merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi konsumen.

Perlindungan konsumen bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan, dan kemandirian konsumen dalam melindungi diri mereka sendiri.

Selain itu, perlindungan konsumen juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab pelaku usaha dalam menyediakan barang dan jasa berkualitas.

Fahrizal menekankan komitmen Pemerintah Provinsi Lampung dalam melaksanakan perlindungan konsumen, seperti peningkatan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Provinsi Lampung dari tahun sebelumnya dan pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

Pada acara tersebut, Gubernur Arinal juga mengumumkan pemenang dan menyerahkan hadiah doorprize kepada para peserta.

Hadiah doorprize yang diberikan meliputi dua unit Sepeda Listrik dan Sepeda Lipat, serta hadiah menarik lainnya seperti Kulkas, Mesin Cuci, dan Handphone.

Direktur Pemberdayaan Konsumen, Ivan Fitriyanto, mengapresiasi Gubernur Arinal atas kegiatan yang diadakan dalam rangka Hari Konsumen Nasional. Ivan menyatakan bahwa hal ini menunjukkan kepedulian Gubernur terhadap konsumen sebagai masyarakat Lampung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, juga menyampaikan pentingnya Harkonas sebagai upaya kampanye perlindungan konsumen di Provinsi Lampung.

Salah satu langkah yang telah diambil adalah pembentukan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen untuk menyelesaikan perselisihan dalam bidang perdagangan atau perlindungan konsumen.

Selain senam bersama, Harkonas di Provinsi Lampung juga dimeriahkan dengan bazar produk IKM/UMKM dan operasi pasar yang menawarkan berbagai kebutuhan pokok seperti minyak goreng, beras, dan tepung terigu.

Selain itu, terdapat pula berbagai macam perlombaan yang diadakan dalam acara tersebut.

Acara Harkonas dihadiri oleh ASN Pemerintah Provinsi Lampung, pelaku usaha, pelajar SMA/SMK, serta masyarakat umum.

Gubernur Arinal berharap agar masyarakat terus menjadi konsumen yang cerdas dan berhati-hati dalam membeli barang apapun.

Dengan semangat Harkonas tahun ini, yakni “Konsumen Berdaya Ekonomi Lampung Berjaya”, diharapkan Lampung dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mewujudkan pemberdayaan ekonomi melalui perlindungan konsumen yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *