BERITANASIONAL

Riana Yakin Tapis Lampung ‘Naik Kelas’ dengan Membuka Mini Exhibition di Legian Bali!

93
×

Riana Yakin Tapis Lampung ‘Naik Kelas’ dengan Membuka Mini Exhibition di Legian Bali!

Sebarkan artikel ini
Riana Yakin Tapis Lampung ‘Naik Kelas’ dengan Membuka Mini Exhibition di Legian Bali!
Riana Yakin Tapis Lampung ‘Naik Kelas’ dengan Membuka Mini Exhibition di Legian Bali!

Media90 – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menggelar acara Mini Exhibition dan Meet The Artisan Live Show Tapis di Sarasvati Concept Store Padma Resort Legian Bali pada Jumat (23/6/2023).

Acara tersebut berhasil menarik minat pengunjung yang dapat melihat pameran Tapis Lampung sekaligus menyaksikan para perajin sedang menyulam Tapis secara langsung.

Tak hanya itu, para pengunjung juga berkesempatan untuk ikut serta dalam proses menapis bersama perajin.

Riana Sari, yang juga merupakan Pembina bagi para perajin Tapis di Provinsi Lampung, merasa sangat bahagia dan bangga dengan kemajuan Tapis Lampung yang kini “naik kelas”.

Menurutnya, perjalanan untuk mewujudkan hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dan singkat.

Riana menyampaikan apresiasi kepada para perajin Tapis yang telah menghasilkan karya-karya dengan penuh cinta dan kesabaran.

Kerajinan Tapis Lampung telah menjadi bagian dari budaya Lampung sejak abad ke-2 Masehi, dikerjakan secara manual dengan teknik sulam yang tinggi.

Riana juga mengungkapkan bahwa perkembangan kerajinan Tapis Lampung ini tidak terlepas dari dukungan dan dorongan yang diberikan oleh berbagai pihak.

Salah satu sosok yang secara luar biasa berdedikasi dalam pengembangan Tapis Lampung adalah desainer nasional Nola Marta.

Riana mengucapkan terima kasih atas upaya dan dedikasi Nola Marta yang telah membuka toko NOLA MARTA di Badung Bali, menjadi wadah untuk memasarkan karya-karya perajin tapis secara lebih luas.

Selain itu, Riana Sari juga berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga kepada para pengunjung, memahami dan membayangkan proses pengerjaan Tapis oleh kaum perempuan di desa-desa Lampung.

Ia berharap masyarakat dapat semakin mencintai warisan budaya dan turut serta dalam proses pelestariannya dengan mendukung karya-karya perajin tapis.

Acara ini dihadiri oleh Ani, pemilik Sarasvati Concept Store, Direktur Standarisasi dan Sertifikasi Usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, desainer Nola Marta, perwakilan Dekranasda Bali I Wayan, dan para undangan lainnya.

Kegiatan ini menjadi momen penting dalam mempromosikan dan mengapresiasi keindahan serta kualitas Tapis Lampung, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya dan mendukung perekonomian para perajinnya.