BERITANASIONAL

Polinela Mencanangkan Pakta Integritas: Mewujudkan Birokrasi Bebas Korupsi dengan Reformasi

83
×

Polinela Mencanangkan Pakta Integritas: Mewujudkan Birokrasi Bebas Korupsi dengan Reformasi

Sebarkan artikel ini
Polinela Mencanangkan Pakta Integritas Mewujudkan Birokrasi Bebas Korupsi dengan Reformasi
Polinela Mencanangkan Pakta Integritas Mewujudkan Birokrasi Bebas Korupsi dengan Reformasi

Media90 – Tim Reformasi Birokrasi (RBI) Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menyelenggarakan Workshop dan Sosialisasi Reformasi Birokrasi Zona Integritas Bebas Korupsi di Ruang Sidang Utama, kampus setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan reformasi birokrasi bagi civitas akademika di Politeknik Negeri Lampung.

Salah satu highlight dari kegiatan ini adalah penandatanganan Pakta Integritas sebagai deklarasi Reformasi Birokrasi ZI-WBK (Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi).

Penandatanganan Pakta Integritas ini dilakukan dengan tujuan mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas dari korupsi, serta berorientasi pada pelayanan prima.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Direktur Politeknik Negeri Lampung, Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si, menyampaikan pentingnya pelaksanaan dan implementasi reformasi birokrasi dalam sebuah instansi.

Menurutnya, reformasi birokrasi ditandai dengan pelayanan kepada publik yang sulit menjadi mudah, dan yang rumit menjadi sederhana.

“Pelayanan yang memudahkan merupakan kunci dari reformasi birokrasi,” kata Prof. Sarono.

Prof. Sarono juga menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi alasan strategis untuk melakukan reformasi birokrasi di kampus Polinela.

Selain memenuhi tuntutan dan amanat gerakan reformasi, hal ini juga bertujuan untuk mewujudkan tata kelola yang baik dan bersih.

Reformasi birokrasi di instansi merupakan suatu tuntutan dalam memberikan pelayanan kepada para stakeholder.

Lebih lanjut, Prof. Sarono menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membangun kesamaan presepsi terkait Pembangunan Zona Integritas dengan menerapkan Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat akuntabilitas, pengawasan, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik secara konkret dan nyata.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Lampung, Agung Adi Chandra, S.Kh., M.Si, mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan berkelanjutan dengan memberikan pemahaman mengenai birokrasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Polinela.

“Reformasi Birokrasi adalah penugasan yang diberikan oleh seluruh kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia. Dalam rangka menyederhanakan pelayanan terhadap stakeholder, kita akan melaksanakan Reformasi Birokrasi secara bertingkat guna peningkatan aksesibilitas dan pelayanan,” kata Agung.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pemaparan materi Pembangunan RBI Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Tahun 2023 oleh Bambang Irawan, M.Pd. dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Lampung.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Direktur I Bidang Akademik Polinela, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si, Wakil Direktur II Bidang dan Umum, Dr. Ir. Beni Hidayat, M.Si, Kepala Pusat dan Bagian, serta Kepala Jurusan Polinela.

Selain itu, seluruh peserta yang hadir turut melakukan penandatanganan Deklarasi Komitmen Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi di Politeknik Negeri Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *