BERITA

Rekor Pecah! 214 Karya Film Melaju ke Panitia FFL 2024

69
×

Rekor Pecah! 214 Karya Film Melaju ke Panitia FFL 2024

Sebarkan artikel ini
FFL 2024 Tembus 214 Karya Film Masuk ke Panitia
FFL 2024 Tembus 214 Karya Film Masuk ke Panitia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Festival Film Lampung (FFL) 2024 telah menggelar proses pendaftaran dan pengumpulan karya sineas muda selama periode 17 Januari hingga 1 April 2024.

Dalam satu periode pendaftaran yang cukup panjang tersebut, FFL berhasil menghimpun ratusan karya dari berbagai penjuru.

Sebanyak 214 film telah diterima oleh panitia FFL 2024. Dari film-film tersebut, variasi durasi berkisar antara 5 hingga 20 menit, memberikan gambaran akan ragam kreativitas yang diusung oleh para sineas muda.

Wakil Ketua Pelaksana FFL 2024, Silpana Herman, mengungkapkan keberagaman karya film yang masuk ke panitia.

“Kami menerima karya film dari berbagai daerah, bahkan terjauh dari Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk kategori umum, dan juga dari SMA Santa Maria Maumere, NTT, untuk kategori pelajar,” ucapnya.

Menariknya, sebagian besar karya yang dikirim merupakan hasil karya para peserta tahun sebelumnya.

“Ada beberapa karya film yang sebelumnya telah mengikuti FFL, dan tahun ini kembali mengirimkan karyanya,” tambah Silpana.

Dari 214 karya film yang masuk, setelah melalui proses pengecekan kelengkapan administrasi, sebanyak 125 film berhasil lolos. Film-film yang lolos akan menjalani kurasi oleh juri lokal sebelum diputuskan kemenangannya.

Sementara itu, Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Darmajaya Computer & Film Club (DCFC), Briliant Hibatullah, menyatakan bahwa pelaksanaan FFL merupakan yang keenam belas kalinya diadakan oleh UKM DCFC.

“Tema yang diangkat untuk tahun ini adalah ‘Momen Manis Karya yang Dinamis’, dan kami sangat bersyukur atas antusiasme yang tinggi dari para sineas muda dalam mengirimkan karyanya,” ungkapnya.

Briliant juga menambahkan bahwa antusiasme sineas muda di Lampung semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Kami melihat peningkatan jumlah karya yang dikirimkan, terutama dari kabupaten Pringsewu dan Lampung Utara yang mengirimkan karya terbanyak di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Untuk mengapresiasi karya-karya yang berhasil, Festival Film Lampung akan menggelar Malam Anugerah pada tanggal 24 Mei 2024.

Sebanyak 14 penghargaan akan diberikan kepada para pemenang, termasuk kategori film terbaik, sutradara terbaik, serta penghargaan khusus untuk film-film dari Lampung dan kategori pelajar.

FFL 2024 menjadi ajang yang penting bagi sineas muda untuk menampilkan karya-karya mereka dan bersaing dalam kancah perfilman nasional.

Dengan tema yang dinamis dan antusiasme yang tinggi, festival ini menjadi momentum penting dalam memajukan industri perfilman di Lampung dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *