BERITA

Polinela Mengguncang Dunia Pariwisata Lampung dengan Pendirian Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara

144
×

Polinela Mengguncang Dunia Pariwisata Lampung dengan Pendirian Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara

Sebarkan artikel ini
Polinela Buka Prodi Baru Pengelolaan Konvensi dan Acara, Tingkatkan Pariwisata Lampung
Polinela Buka Prodi Baru Pengelolaan Konvensi dan Acara, Tingkatkan Pariwisata Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Tahun 2024 membawa kabar gembira bagi Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dengan ditambahkannya Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Konvensi dan Acara atau MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions).

Keputusan ini tertuang dalam surat resmi Kemendikbudristek RI Nomor 26/D/O/2024, yang dikeluarkan di Jakarta pada Jumat (12/1/2024).

Langkah progresif ini merupakan hasil dari pengajuan prodi baru sejak tahun 2021, yang didukung oleh perjanjian bersama dengan 15 mitra kerja.

Polinela telah melangkah lebih jauh dengan menjalankan Perjanjian Nota Kesepahaman (Memorandum Of Understanding) dan Perjanjian Kerjasama (PKS).

Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara ini menempatkan fokusnya pada bidang MICE, diakui sebagai pendorong utama pengembangan destinasi pariwisata.

MICE tidak hanya memberikan kontribusi terhadap ekonomi lokal melalui penciptaan lapangan pekerjaan, tetapi juga mendorong investasi asing, membuka peluang pertukaran pengetahuan dan jaringan, serta meningkatkan kapasitas di sektor pariwisata.

Kegiatan MICE dianggap sebagai faktor penting dalam pengembangan intelektual dan peningkatan kerjasama antardaerah.

Dengan berdirinya Program Studi Pengelolaan Konvensi di Polinela, diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dalam perencanaan dan pelaksanaan acara.

Program studi ini akan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional yang kompeten dalam berbagai aspek pengelolaan acara.

Mulai dari perencanaan ide dan konsep program/acara, perencanaan promosi melalui berbagai media, perencanaan keuangan, manajemen sumber daya pendukung, hingga manajemen risiko.

Langkah ini menandai kemajuan Politeknik Negeri Lampung dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan industri pariwisata.

Dengan meningkatkan kompetensi SDM yang siap bersaing dalam dunia kerja, mahasiswa program studi ini diharapkan mampu mengelola kegiatan operasional sebuah event dengan baik, dari memilih supplier, membuat kontrak, manajemen konser, manajemen talent atau artis, hingga pengelolaan sponsorship.

Dengan adanya Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara di Polinela, Lampung dapat lebih siap menyongsong masa depan pariwisata yang lebih berkembang dan berkilau.

Keberhasilan mahasiswa dalam mengelola acara-acara besar diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam meningkatkan daya tarik pariwisata Lampung di mata dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *