BERITA

PLN Menyambangi Lampung Tengah: Industri Pupuk Organik Kini Teraliri Listrik Berkat Degensetisasi

151
×

PLN Menyambangi Lampung Tengah: Industri Pupuk Organik Kini Teraliri Listrik Berkat Degensetisasi

Sebarkan artikel ini
Lewat Degensetisasi, PLN Pasang Listrik Industri Pupuk Organik di Lampung Tengah
Lewat Degensetisasi, PLN Pasang Listrik Industri Pupuk Organik di Lampung Tengah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Degensetisasi, sebuah program ambisius dari PLN, terus memperluas jejaknya dalam mengubah cara industri menggunakan energi.

Menggantikan genset berbahan bakar fosil dengan energi listrik yang ramah lingkungan adalah langkah penting dalam mendukung transisi energi yang lebih berkelanjutan.

Program ini tidak hanya memberikan dukungan kepada energi bersih, tetapi juga membantu menekan biaya operasional, memperkuat daya saing industri, dan pada akhirnya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilayani.

Pada Kamis, tanggal 29 Februari 2024, Sugeng Widodo, General Manajer PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, memimpin penyambungan dan penyalaan listrik di CV Duta Agro Lestari, sebuah industri pupuk organik yang terletak di Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah.

Tindakan ini bukan hanya sebuah tindakan seremonial, melainkan komitmen nyata PLN untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor industri pertanian di wilayah Lampung.

“Alhamdulillah, PLN menyalakan listrik dengan daya 41.500 Volt Ampere (VA) di CV Duta Agro Lestari. Ini merupakan komitmen kami di PLN untuk mendukung industri pertanian atau usaha pertanian di Lampung,” kata Sugeng Widodo.

Penyalaan listrik di CV Duta Agro Lestari bukan hanya sekadar implementasi dari program degensetisasi PLN, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam upaya mengurangi emisi dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Dengan mengurangi penggunaan energi fosil, PLN berkontribusi pada upaya menjaga lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan bebas emisi.

Sebelumnya, industri seperti CV Duta Agro Lestari harus bergantung pada genset berbahan bakar fosil yang tidak hanya mahal dalam operasinya tetapi juga merugikan lingkungan dengan emisi yang dihasilkan.

Namun, dengan bantuan PLN dan program degensetisasi, CV Duta Agro Lestari kini dapat mengoperasikan usahanya dengan listrik yang lebih bersih, efisien, dan ramah lingkungan.

Pemilik CV Duta Agro Lestari, Leman, menyambut baik penyalaan listrik yang dilakukan oleh PLN.

Baginya, ini bukan hanya sebuah langkah menuju efisiensi operasional, tetapi juga sebuah anugerah yang memungkinkan usahanya untuk terus berkembang.

“Saya bersyukur PLN telah memasang listrik di tempat usaha kami, biar langgeng, biar berkah. Alhamdulillah langsung nyala, terimakasih buat PLN,” ungkap Leman.

Usaha pupuk organik yang dijalankan oleh Leman juga memberikan manfaat sosial yang signifikan bagi masyarakat sekitarnya.

Dengan mempekerjakan 30 pekerja lokal dan memproduksi 3.000 ton pupuk organik setiap tahunnya, CV Duta Agro Lestari menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di daerah tersebut.

Dengan beralih dari genset berbahan bakar fosil ke listrik PLN, Leman tidak hanya mengurangi biaya operasionalnya, tetapi juga mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas produksinya. Sekarang, usahanya beroperasi dengan lebih efisien, bersih, dan berkelanjutan.

Dalam upaya untuk mewujudkan energi yang lebih bersih dan lingkungan yang lebih sehat, langkah-langkah seperti degensetisasi dari PLN sangatlah krusial.

Dengan terus menggerakkan transformasi menuju energi yang lebih berkelanjutan, PLN membuktikan perannya sebagai agen perubahan yang positif dalam pembangunan ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *