BERITA

PLN dan Damkarmat Berkolaborasi untuk Tingkatkan Kesiapan Penanganan Kebakaran

219
×

PLN dan Damkarmat Berkolaborasi untuk Tingkatkan Kesiapan Penanganan Kebakaran

Sebarkan artikel ini
Antisipasi Kebakaran, PLN Gandeng Damkarmat Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran
Antisipasi Kebakaran, PLN Gandeng Damkarmat Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung, bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Bandar Lampung, telah berhasil menyelenggarakan pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 3 hingga 5 November 2023, diikuti oleh 23 peserta dari seluruh kantor Unit Layanan Pelanggan di PLN UID Lampung.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja, khususnya dalam industri kelistrikan.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Saleh Siswanto, aspek keselamatan dan kesehatan kerja adalah hal yang paling utama dan sangat penting.

Salah satu langkah untuk menerapkannya adalah melalui pelatihan dan simulasi penanganan kebakaran.

Dalam sambutannya, Saleh menjelaskan bahwa melalui pelatihan ini diharapkan pegawai PLN dapat memahami tindakan yang seharusnya diambil ketika dihadapkan pada situasi terburuk seperti kebakaran, baik dalam hal menjaga keselamatan diri sendiri maupun mengamankan aset perusahaan.

Meskipun kebakaran adalah situasi yang sangat tidak diinginkan, PLN lebih menekankan pada upaya pencegahan dan mitigasi terkait bahaya kebakaran.

Saleh juga menyoroti bahwa pelaksanaan pelatihan ini merujuk pada Undang-Undang No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, yang mewajibkan perlindungan keselamatan tenaga kerja di lingkungan kerja, termasuk dalam hal pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Nur Hendra Setiawan, instruktur dan pemateri dari Dinas Damkarmat Kota Bandar Lampung, menjelaskan bahwa materi pelatihan mencakup pencegahan dan penanganan kebakaran kelas D, termasuk penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Api Tradisional (APAT) seperti karung goni dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) seperti tabung pemadam.

Materi-materi pelatihan tersebut diharapkan dapat bermanfaat jika terjadi kebakaran, meskipun upaya pencegahan tetap menjadi prioritas.

Romi Sepsrizal, Tim Leader K3L PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Lampung, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama mengingat bahwa kebakaran dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

Ia merasa sangat antusias karena kegiatan tersebut memberikan pengetahuan tentang cara memadamkan api menggunakan tabung APAR maupun APAT seperti pemadaman menggunakan karung goni.

Dengan pelatihan dan kesadaran yang lebih tinggi terkait penanganan kebakaran, diharapkan semua peserta dapat berkontribusi dalam menjaga keselamatan di lingkungan kerja mereka, serta mampu merespons dengan cepat dan tepat jika terjadi situasi darurat kebakaran.

Hal ini merupakan langkah yang sangat penting dalam menjaga keselamatan para tenaga kerja dan aset perusahaan PLN di Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *