BERITA

PLN Menguatkan Infrastruktur Kendaraan Listrik Saat IIMS 2024 Dibuka

199
×

PLN Menguatkan Infrastruktur Kendaraan Listrik Saat IIMS 2024 Dibuka

Sebarkan artikel ini
IIMS 2024 Dibuka Hari Ini, PLN Perkuat Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia
IIMS 2024 Dibuka Hari Ini, PLN Perkuat Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Jelang pembukaan Pameran Otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Kamis (15/2/2024), PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya untuk membangun ekosistem hijau kendaraan listrik di Indonesia.

Beberapa langkah telah diambil oleh PLN, termasuk membangun infrastruktur stasiun pengisian, mengembangkan aplikasi layanan kendaraan listrik end-to-end di PLN Mobile, dan turut serta dalam pengembangan industri baterai.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan kesiapannya untuk menjadi pemain utama dalam ekosistem kendaraan listrik.

PLN telah melakukan inovasi dan pengembangan produk dari hulu hingga hilir untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik.

Kolaborasi terbuka dengan semua pihak untuk pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) telah ditekankan.

“Saat ini terdapat 1.124 unit SPKLU, 1.839 unit SPBKLU, dan 9.558 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Darmawan.

Dukungan PLN juga mencakup program konversi sepeda motor listrik dan berbagai promosi diskon untuk biaya pasang baru dan tambah daya di rumah.

“PLN Mobile kini telah menjadi solusi lengkap untuk layanan kendaraan listrik. Harapannya, masyarakat akan semakin dimudahkan dalam beralih ke kendaraan listrik,” tambahnya.

Di sisi produksi, PLN telah berkolaborasi dengan tiga manufaktur motor listrik dan Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik.

Melalui fitur marketplace di aplikasi PLN Mobile, masyarakat dapat membeli kendaraan listrik dengan mudah.

Selain itu, PLN juga membangun Green Hydrogen Plant (GHP) pertama di Indonesia untuk menjawab tantangan transisi energi.

Skala produksi hidrogen hijau akan terus ditingkatkan, dan PLN akan meresmikan Hydrogen Refueling Station, menjadi yang pertama di Indonesia.

“Dengan inovasi ini, kami yakin PLN akan menjadi pemain utama dalam penyediaan hidrogen hijau untuk kebutuhan masa depan, khususnya kendaraan berbahan bakar hidrogen,” kata Darmawan.

Sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, PLN telah melakukan inovasi dan kolaborasi untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik.

Melalui IIMS 2024 yang bertema “Your Infinite Autotainment,” PLN akan menggaungkan produk layanan dan dukungan penuh dalam perkembangan otomotif masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *