BERITA

Booth UMK Binaan PLN di INACRAFT 2024: Penawaran Produk Khas Daerah Diprakarsai oleh Ketua PIKK PLN

161
×

Booth UMK Binaan PLN di INACRAFT 2024: Penawaran Produk Khas Daerah Diprakarsai oleh Ketua PIKK PLN

Sebarkan artikel ini
Dibuka Ketua PIKK PLN, Booth UMK Binaan PLN Tawarkan Berbagai Produk Khas Daerah di INACRAFT 2024
Dibuka Ketua PIKK PLN, Booth UMK Binaan PLN Tawarkan Berbagai Produk Khas Daerah di INACRAFT 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT PLN (Persero) telah turut serta dalam pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 28 Februari hingga 3 Maret 2024.

Dalam kesempatan ini, perusahaan mengajak 51 mitra Usaha Mikro Kecil (UMK) Binaan PLN dari seluruh Indonesia untuk ikut serta.

Booth UMK Binaan PLN dibuka secara resmi oleh Diny Darmawan Prasodjo, Ketua Umum Persatuan Istri Karyawan-Karyawati (PIKK) PLN.

Diny menyatakan bahwa UMK memiliki peran penting dalam ekonomi nasional, dan PLN berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMK.

“Inacraft 2024 menjadi peluang bagi UMK untuk memperluas pasar, baik di tingkat nasional maupun internasional. PLN siap mendampingi agar produk UMK Binaan PLN dapat meraih pasar global,” ungkap Diny pada Kamis (29/2/2024).

Lebih dari 82 jenis produk kerajinan dari 51 UMK Binaan PLN dipamerkan dalam booth PLN di INACRAFT 2024.

Capaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi UMK Binaan PLN lainnya, terutama setelah pada September 2023 tercatat lebih dari 3.000 mitra PLN di seluruh Indonesia.

“Dalam tahun ini saja, 121 UMK telah berhasil meningkatkan kelasnya melalui pendampingan PLN, bahkan 12 UMK berhasil menembus pasar ekspor,” jelas Diny.

Pendampingan terhadap UMK sejalan dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN, yang bertujuan untuk membangun ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

Diharapkan, kedepannya sektor UMK akan mampu menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru.

“Pendampingan rutin diharapkan dapat meningkatkan produktivitas UMK Binaan PLN, terutama dalam mencetak generasi muda yang berjiwa wirausaha, yang akan menjadi pondasi masa depan bangsa,” tambah Diny.

Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menunjukkan bahwa saat ini Indonesia memiliki pangsa pasar sekitar 1,25 persen dari industri kerajinan dunia.

Pemerintah berproyeksi bahwa pangsa pasar industri kerajinan Indonesia akan terus meningkat.

Muchsin Ridjan, Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) selaku penyelenggara, menyatakan bahwa INACRAFT merupakan ajang penting untuk mempromosikan produk kerajinan Indonesia, baik di pasar domestik maupun internasional.

“INACRAFT terus berperan dalam mengembangkan UMK di sektor kerajinan, sebagai platform untuk memamerkan produk lokal berkualitas dan memperluas jaringan,” ujar Muchsin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *