BERITA

Perkiraan Kemenag: Idulfitri 2024 Diperkirakan Jatuh pada Rabu Besok dengan Hilal di Atas Ufuk

75
×

Perkiraan Kemenag: Idulfitri 2024 Diperkirakan Jatuh pada Rabu Besok dengan Hilal di Atas Ufuk

Sebarkan artikel ini
Hilal Sudah di Atas Ufuk, Kemenag Idulfitri 2024 Kemungkinan Besar Jatuh Rabu Besok
Hilal Sudah di Atas Ufuk, Kemenag Idulfitri 2024 Kemungkinan Besar Jatuh Rabu Besok

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kepulauan Bangka Belitung mengumumkan bahwa kemungkinan besar Idul Fitri 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

Hal ini disampaikan karena posisi hilal sudah mencapai batas ufuk atau ketinggian minimal 3 derajat.

“Karena posisi hilal sudah berada di atas ufuk, sudah lebih dari 3 derajat, sekitar 6 hingga 7 derajat. Jadi kemungkinan besar hilal akan terlihat. Ini menunjukkan bahwa bulan sudah hadir,” kata Kepala Bimas Islam Kantor Wilayah Kemenag Bangka Belitung, Abdul Rohim, dalam pernyataannya pada Selasa (9/4/2024).

Dengan demikian, hari raya Idul Fitri versi pemerintah tahun ini berpotensi bersamaan dengan keputusan Muhammadiyah.

Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1445 H pada 10 April 2024.

“Mudah-mudahan, Insya Allah, hasil sidang Isbat berdasarkan pemantauan di seluruh wilayah kemungkinan akan diputuskan jatuh pada tanggal 10 April 2024 ini,” tambah Rohim.

Sementara itu, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengadakan kegiatan Rukyatul Hilal atau pemantauan anak bulan 1 Syawal 1445 Hijriyah di kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam pada Selasa sore.

“Kegiatan Rukyatul Hilal untuk menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriyah akan dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam sore ini,” kata Kepala Kantor Kemenag Masdar Nawawi di Tanjung Pendam.

Menurut Nawawi, lokasi pemantauan hilal 1 Syawal 1445 Hijriyah masih sama dengan pelaksanaan kegiatan Rukyatul Hilal 1 Ramadan 1445 Hijriyah sebelumnya, yaitu di kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam.

Hal ini karena Pantai Tanjung Pendam di Kabupaten Belitung telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu titik pantau hilal 1 Syawal 1445 Hijriyah.

“Sehingga Pantai Tanjung Pendam telah menjadi salah satu lokasi titik pantau nasional untuk melaksanakan pengamatan anak bulan dalam menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriyah,” jelas Nawawi.

Kegiatan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 Hijriyah di kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam akan dimulai pada Selasa (9/4/2024) pukul 17.00 WIB.

Kegiatan tersebut melibatkan unsur pemerintah daerah, Forkopimda, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Belitung, dan ormas Islam setempat.

“Peralatan yang digunakan seperti teropong dan Theodolit merupakan dukungan dari BPN Belitung dan komunitas pecinta astronomi di Belitung,” tambahnya.

Nawawi menjelaskan bahwa hasil dari pengamatan hilal 1 Syawal 1445 Ramadhan dari Pantai Tanjung Pendam akan dilaporkan secara berjenjang melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Belitung dan Kementerian Agama pusat.

“Hal ini sebagai bahan dalam pelaksanaan sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1445 Hijriyah oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenag RI,” ungkapnya.

Nawawi berharap cuaca di daerah tersebut cerah dan tidak berawan atau hujan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 Hijriyah.

“Semoga cuaca nanti sore cerah sehingga hilal dapat teramati dengan baik dari titik pantau. Namun, apapun hasilnya, kami akan tetap melaporkannya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *