BERITA

Peringatan Hari Pers Nasional 2024: PWI Mengajak untuk Menjaga dan Melestarikan Kekayaan Mangrove Indonesia

162
×

Peringatan Hari Pers Nasional 2024: PWI Mengajak untuk Menjaga dan Melestarikan Kekayaan Mangrove Indonesia

Sebarkan artikel ini
Hari Pers Nasional 2024, PWI Ajak Pelihara dan Lestarikan Mangrove sebagai Kekayaan Indonesia
Hari Pers Nasional 2024, PWI Ajak Pelihara dan Lestarikan Mangrove sebagai Kekayaan Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Sabtu, tanggal 17 Februari 2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melakukan penanaman mangrove di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk Jakarta.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, yang diselenggarakan di Jakarta mulai tanggal 17 hingga 20 Februari 2024, dengan tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa”.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, memberikan dukungan penuh untuk kegiatan ini, dengan memberikan fasilitasi kepada PWI untuk berpartisipasi dalam penanaman mangrove.

Hadir juga dalam kegiatan ini adalah Ketua Umum PWI Pusat, Hendry CH Bangun, Ketua Dewan Penasihat PWI H Ilham Bintang Pusat, Sekretaris Jenderal PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, serta anggota PWI Daerah lainnya, yang berjumlah sekitar 75 orang.

Penanaman mangrove dilakukan di area TWA Angke Kapuk, yang merupakan kawasan konservasi alam dan pariwisata alam seluas 99,82 hektar di utara Jakarta.

Menteri Siti Nurbaya menyampaikan terima kasih kepada insan pers yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap alam, terutama mangrove.

Beliau menyoroti bahwa mangrove Indonesia merupakan salah satu yang terluas di dunia, mencakup sekitar 23% dari total luas mangrove dunia.

Menteri Siti juga menggarisbawahi pentingnya peran pers dalam mempublikasikan kegiatan penanaman pohon dalam peringatan HPN, yang telah dilakukan di berbagai daerah seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan kini di TWA Angke.

Menurutnya, pers bukan hanya penting bagi pemerintah, tetapi juga untuk kehidupan masyarakat secara umum.

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, juga mengekspresikan apresiasi terhadap kolaborasi antara KLHK dan PWI, yang membantu menyebarkan informasi tentang kebijakan, program, dan kinerja KLHK kepada publik secara positif.

Ketua Umum PWI, Hendry CH Bangun, menyatakan kebanggaannya atas kesempatan ini dan berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup, terutama dalam melestarikan hutan mangrove Indonesia.

Dia juga menyuarakan pentingnya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang keindahan dan keberagaman alam Indonesia.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi dari KLHK, seperti Kepala BRGM, Sekretaris Jenderal KLHK, Dirjen PDASRH, Dirjen KSDAE, Dirjen PHLHK, Kepala BP2SDM KLHK, serta jajaran Deputi BRGM dan Pejabat Tinggi Pratama KLHK.

Dengan kolaborasi antara KLHK dan PWI serta partisipasi aktif dari para wartawan, diharapkan upaya pelestarian lingkungan, khususnya hutan mangrove, dapat semakin diperkuat dan disebarkan secara luas kepada masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *