BERITA

Desa Kelawi Lampung Selatan Meraih Penghargaan Prestisius Nugraha Desa BRILiaN BRI atas Keberhasilan Kelola Sampah Terbaik

40
×

Desa Kelawi Lampung Selatan Meraih Penghargaan Prestisius Nugraha Desa BRILiaN BRI atas Keberhasilan Kelola Sampah Terbaik

Sebarkan artikel ini
Terbaik Kelola Sampah, Desa Kelawi Lampung Selatan Raih Penghargaan Desa Hijau Nugraha Desa BRILiaN BRI
Terbaik Kelola Sampah, Desa Kelawi Lampung Selatan Raih Penghargaan Desa Hijau Nugraha Desa BRILiaN BRI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 10 Januari 2024, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) merayakan malam puncak Nugraha Karya Desa BRILiaN Tahun 2023 di menara BRILiaN, Jakarta.

Acara prestisius ini menandai penghargaan bagi desa-desa yang berhasil menjadi percontohan dalam pengembangan dan pengelolaan desa.

Desa Kelawi, yang terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, menjadi sorotan utama sebagai pemenang dalam kategori Desa Hijau berkat keberhasilannya dalam pengelolaan bank sampah bersama BRI Unit Bakauheni Branch Office Kalianda Regional Office Bandar Lampung.

Direktur Utama BRI, Sunarso, menjelaskan bahwa Desa BRILiaN adalah bagian dari program pemberdayaan desa yang bertujuan menciptakan model percontohan dalam pengembangan desa.

Sejak dimulainya program ini pada tahun 2020, BRI telah memberdayakan 3.178 desa hingga akhir tahun 2023.

Program ini merupakan strategi perseroan untuk lebih memahami potensi wilayah dan merupakan bagian dari inisiatif pemberdayaan Desa BRILiaN, Mantri BRI, klaster usaha binaan BRI, pasar.id, serta Hyperlocal Ecosystem.

“Desa BRILiaN adalah contoh nyata komitmen BRI sebagai perusahaan BUMN dalam menerapkan economic value dan social value secara bersamaan. Sehingga, tidak perlu dipertentangkan, dengan kemampuan BRI menavigasi tantangan dengan baik maka tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik,” ungkap Sunarso.

Nugraha Karya Desa BRILiaN tidak hanya sebuah acara pemberian penghargaan, tetapi juga menggelar serangkaian kegiatan.

‘Bincang Desa BRILiaN’, sebuah diskusi interaktif, membahas potensi dan inovasi Desa-Desa BRILiaN dalam mengoptimalkan kekuatan potensinya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi desa melalui kepemimpinan yang kuat dan semangat transformasi desa melalui sinergi inovasi dan digitalisasi.

Pada malam puncak, Juara Nasional Desa BRILiaN diberikan bantuan sarana prasarana pengembangan desa dari BRI.

Hadiahnya melibatkan angka yang signifikan, dengan Juara 1 mendapatkan hadiah senilai Rp1 miliar, Juara 2 Rp750 juta, dan Juara 3 Rp500 juta.

Selain itu, terdapat hadiah untuk Juara Harapan 1 dan 2, serta penghargaan khusus untuk Desa Potensial di wilayah barat, tengah, dan timur.

Dengan menggelar Nugraha Karya Desa BRILiaN, BRI tidak hanya memberikan penghargaan, tetapi juga memberikan dukungan nyata bagi pengembangan desa dan menciptakan suasana kompetisi yang sehat di antara desa-desa di seluruh Indonesia.