BERITANASIONAL

Pemuda Lampung Diarahkan untuk Mengintegrasikan Pancasila sebagai Perisai Melawan Radikalisme

164
×

Pemuda Lampung Diarahkan untuk Mengintegrasikan Pancasila sebagai Perisai Melawan Radikalisme

Sebarkan artikel ini
Pemuda Lampung Diarahkan untuk Mengintegrasikan Pancasila sebagai Perisai Melawan Radikalisme
Pemuda Lampung Diarahkan untuk Mengintegrasikan Pancasila sebagai Perisai Melawan Radikalisme

Media90 – Pada tanggal 14 Juni 2023, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Provinsi Lampung mengadakan acara Sosialisasi Pencegahan Ekstremisme Bagi Generasi Muda di Hotel Horison.

Acara ini dihadiri oleh anggota purna Paskibraka dari seluruh Provinsi Lampung, dengan tema “Sosialisasi Pencegahan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Bagi Generasi Muda”.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran aktif masyarakat dalam mendeteksi dini ancaman paham ekstremisme yang berbasis kekerasan dan berpotensi menuju terorisme.

Kegiatan ini didasari oleh rasa tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi sebagai komponen bangsa.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menekankan pentingnya generasi muda memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan menjadikannya sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini bertujuan untuk mencegah mereka terpengaruh oleh paham radikalisme yang dapat merusak keharmonisan masyarakat.

Fahrizal juga menegaskan bahwa anggota purna Paskibraka harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang hakikat berbangsa dan bernegara, serta kemampuan untuk menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat.

Menurutnya, generasi muda yang memiliki wawasan ini dapat berperan dalam membangun ketahanan nasional dan bersaing dalam era globalisasi untuk mencapai masa depan yang produktif.

Selain itu, Fahrizal juga menekankan pentingnya menjaga keberagaman Indonesia dengan semangat Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan untuk mewujudkan misi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Menurutnya, persiapan generasi muda saat ini adalah tanggung jawab bersama semua pihak.

“Jika kita gagal dalam mencetak generasi yang produktif, memiliki ketahanan, dan komitmen, maka cita-cita Indonesia Emas 2045 tidak akan tercapai,” ujar Fahrizal.

Ia berharap kegiatan sosialisasi ini akan memberikan manfaat yang besar, terutama dalam menanamkan kesadaran akan hak dan kewajiban konstitusional sebagai warga negara untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya berharap kalian semua dapat menjadi pemegang estafet kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

Setelah kegiatan hari ini, semoga semangat kalian semakin bertambah dan tidak pernah kendur untuk menjadi duta pemersatu bangsa dan memperkuat ketahanan nasional,” pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda Lampung dapat menjadi agen perubahan yang memajukan bangsa Indonesia serta menjaga keutuhan negara melalui pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai Pancasila dan tugas konstitusional sebagai warga negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *