BERITA

Optimalkan Reputasi Scopus: Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Mengadakan Workshop Artikel Ilmiah

50
×

Optimalkan Reputasi Scopus: Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Mengadakan Workshop Artikel Ilmiah

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Scopus, Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah
Tingkatkan Scopus, Prodi Akuntansi IIB Darmajaya Gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Program Studi Akuntansi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya telah sukses menyelenggarakan Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi dalam bidang Akuntansi Keuangan dan Sistem Informasi.

Acara ini berlangsung di ruang pascasarjana lantai 2 pada Jumat, 3 November 2023.

Workshop ini mengundang dua narasumber ahli, Prof. Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA. dan Zuni Barokah, S.E., M.Comm., Ph.D., CA., keduanya merupakan dosen Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional.

Toni Nurhadianto, S.E., M.Sc., Ketua Prodi Akuntansi IIB Darmajaya, menjelaskan bahwa workshop ini adalah bagian dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diterima oleh Prodi Akuntansi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Workshop ini juga merupakan upaya Prodi Akuntansi dalam meningkatkan kualitas penulisan dan publikasi jurnal internasional yang bereputasi bagi para dosen.

Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa penulisan dan publikasi ilmiah mereka sesuai dengan standar internasional.

RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., yang menjabat sebagai Plt. Rektor IIB Darmajaya, menyatakan harapannya bahwa kampus ini akan menjadi unggul dengan dosen-dosen yang memiliki gelar doktor.

Workshop ini adalah langkah penting dalam peningkatan kompetensi dosen dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional.

Prof. Syaiful Ali memberikan beberapa tips berharga dalam memastikan bahwa penelitian dan publikasi dapat diterbitkan di jurnal internasional yang bereputasi.

Salah satunya adalah dengan fokus pada penelitian yang memiliki sedikit pesaing, sehingga peluang untuk publikasi menjadi lebih besar. Dia juga menyoroti pentingnya memilih jurnal yang sesuai dengan jenis penelitian.

Zuni Barokah, dalam presentasinya, mengungkapkan betapa pentingnya menulis dalam keberhasilan publikasi sebagai seorang akademisi.

Ia menekankan bahwa setiap bentuk publikasi memerlukan kemampuan menulis yang baik dan mencerminkan pemikiran yang baik dan logis.

Penulisan akademik harus mengikuti aturan-aturan tertentu, dan tulisan yang baik juga dipengaruhi oleh kebiasaan membaca.

Dengan workshop ini, para dosen dan peneliti di Prodi Akuntansi IIB Darmajaya telah mendapatkan wawasan berharga dan panduan praktis dalam meningkatkan kualitas penulisan dan publikasi artikel ilmiah mereka.

Semoga upaya mereka akan membuahkan hasil yang positif dan membantu meningkatkan reputasi Prodi Akuntansi di tingkat internasional.