BERITA

Optimalkan Pemilihan Produk: Panduan Sederhana untuk Mengevaluasi Asal-Usul dan Dukungan Bisnis

151
×

Optimalkan Pemilihan Produk: Panduan Sederhana untuk Mengevaluasi Asal-Usul dan Dukungan Bisnis

Sebarkan artikel ini
Jangan Salah Boikot, Begini Cara Mudah Memeriksa Produk Pro Israel
Jangan Salah Boikot, Begini Cara Mudah Memeriksa Produk Pro Israel

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Boikot terhadap produk yang terafiliasi dengan Israel menjadi sorotan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dengan dikeluarkannya Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 8 Tahun 2023 yang menyatakan haramnya menggunakan produk-produk Israel, masyarakat diminta untuk memilih dengan bijak.

Ketua MUI Bidang Fatwa, Profesor Asronun Niam Sholeh, menegaskan bahwa mendukung agresi Israel dianggap sebagai perilaku yang hukumnya haram.

Asronun menjelaskan, “Mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung, seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram” pada Jumat (17/11/2023).

Meskipun demikian, penting untuk tidak asal dalam memboikot produk tanpa memastikan keterkaitannya dengan Israel.

Ada cara yang dapat membantu mengidentifikasi apakah suatu produk pro Israel atau tidak, salah satunya adalah dengan memeriksa situs bdnaash.com.

Melalui situs ini, konsumen dapat mengecek apakah produk tersebut mendukung agresi Israel terhadap Gaza, Palestina.

Sumber lain yang dapat digunakan adalah BDS Movement, di mana konsumen dapat menelusuri produk-produk yang teridentifikasi sebagai pro Israel.

Langkah proaktif juga terlihat dari beberapa perusahaan, seperti PT Inspirasi Bisnis Nusantara atau lebih dikenal sebagai Haus Indonesia.

Perusahaan ini telah memutuskan untuk memboikot produk-produk yang diduga terafiliasi dengan Israel.

Melalui akun Instagram @haus.indonesia, manajemen mengeluarkan pernyataan terkait dengan Fatwa MUI dan menyatakan solidaritas terhadap tragedi kemanusiaan di Gaza, Palestina.

“Pada hari ini, Kamis, 16 November 2023, Haus! memutuskan segala bentuk muamalah (kerjasama bisnis) dengan semua produk (bahan baku), dan brand yang terindikasi berafiliasi dengan Israel, sampai terdapat keputusan lanjutan dari MUI,” tulis manajemen Haus Indonesia.

Dengan langkah-langkah ini, masyarakat diharapkan dapat memilih produk dengan bijak, sesuai dengan panduan MUI, tanpa perlu ragu terkait afiliasi dengan Israel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *