BERITA

Optimalkan Pemanfaatan Listrik di Musim Hujan: Tips Aman dan Nyaman dari PLN

115
×

Optimalkan Pemanfaatan Listrik di Musim Hujan: Tips Aman dan Nyaman dari PLN

Sebarkan artikel ini
Hadapi Musim Penghujan, Ini Tips PLN Agar Nyaman dan Aman Gunakan Listrik
Hadapi Musim Penghujan, Ini Tips PLN Agar Nyaman dan Aman Gunakan Listrik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Memasuki musim penghujan, masyarakat dituntut untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak yang mungkin terjadi akibat hujan deras.

Genangan air dan banjir menjadi ancaman nyata yang dapat memengaruhi kenyamanan, terutama ketika berhubungan dengan peralatan kelistrikan.

Dalam konteks ini, PLN (Perusahaan Listrik Negara) memberikan sejumlah tips agar penggunaan listrik tetap aman dan nyaman selama musim hujan.

Elok Faiqoh Saptining Ratri, Manager Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Distribusi Lampung, menekankan pentingnya memperhatikan keamanan peralatan kelistrikan di sekitar kita.

“Listrik telah menjadi kebutuhan primer masyarakat, dan dengan kita selalu dikelilingi peralatan kelistrikan sepanjang hari, penting untuk memastikan keamanan instalasi listrik di dalam rumah dan kantor,” ujarnya.

Salah satu kondisi kelistrikan yang perlu diwaspadai adalah konsleting atau hubung singkat. Elok menyarankan untuk memastikan bahwa semua komponen pada instalasi kelistrikan berada dalam kondisi prima.

Konsleting dapat terjadi akibat kabel yang terkelupas karena usia atau terkena tetesan air hujan akibat kebocoran atap rumah.

Selain konsleting, banjir juga dapat memberikan dampak negatif terhadap peralatan elektronik. Untuk menjaga keamanan listrik selama banjir, berikut beberapa tindakan yang dapat diambil:

  1. Matikan Listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB): Untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik.
  2. Cabut Peralatan Listrik: Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi agar aman dari air.
  3. Laporkan Banjir: Jika jaringan listrik belum dipadamkan oleh PLN, laporkan melalui aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123, atau hubungi kantor PLN terdekat.
  4. Gunakan Alat Pengaman Diri: Saat memasuki kawasan banjir, gunakan sepatu boots karet untuk melindungi diri dari risiko terkena benda tajam, bakteri, dan arus listrik bocor.

Elok juga mengingatkan akan bahaya petir, yang dapat menyebabkan kebakaran atau kerusakan peralatan elektronik.

Untuk menghindari bahaya sambaran petir, disarankan untuk mematikan alat elektronik dengan mencabut kabel dari stop kontak.

Hindari juga penggunaan telepon seluler di dekat aset kelistrikan karena dapat memancarkan gelombang elektromagnetik.

Hujan deras sering disertai angin kencang, yang dapat menyebabkan gangguan pada jaringan listrik.

Untuk mengantisipasi hal ini, masyarakat dihimbau untuk memberikan izin kepada petugas PLN yang akan melakukan pemangkasan atau perabasan pohon tinggi yang berada dekat dengan jaringan listrik di sekitar rumah.

Sebagai upaya percepatan pelayanan, masyarakat diminta untuk menghubungi petugas melalui aplikasi PLN Mobile, yang merupakan layanan digital 24/7.

Dengan langkah-langkah pencegahan ini, diharapkan masyarakat dapat tetap aman dan nyaman dalam menggunakan listrik selama musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *