BERITA

Momentum Jumbara Nasional IX Tahun 2023: Pemprov Lampung Mendorong PMR untuk Terus Membara dalam Melayani Kemanusiaan

249
×

Momentum Jumbara Nasional IX Tahun 2023: Pemprov Lampung Mendorong PMR untuk Terus Membara dalam Melayani Kemanusiaan

Sebarkan artikel ini
Momentum Jumbara Nasional IX Tahun 2023 Pemprov Lampung Mendorong PMR untuk Terus Membara dalam Melayani Kemanusiaan
Momentum Jumbara Nasional IX Tahun 2023 Pemprov Lampung Mendorong PMR untuk Terus Membara dalam Melayani Kemanusiaan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada hari Selasa, tanggal 4 Juli 2023, Upacara Pembukaan Jumbara Nasional Palang Merah Remaja (PMR) IX Tahun 2023 diadakan di Stadion Jati, Kalianda.

Acara ini menjadi momen penting bagi PMR untuk terus menggelorakan semangat dalam mengabdi pada kemanusiaan, dan Pemerintah Provinsi Lampung sangat berharap hal ini dapat terwujud.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam acara tersebut, menyampaikan harapannya kepada para peserta Jumbara.

Hadir juga dalam kesempatan ini Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, dan Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.

Fahrizal menyampaikan salam selamat datang kepada Ketua Umum Pengurus Pusat PMI, Jusuf Kalla, beserta seluruh pengurus pusat PMI dan pengurus PMI dari seluruh Indonesia, serta peserta Jumbara yang hadir di Provinsi Lampung, “Sai Bumi Ruwa Jurai”.

Ia menyatakan kebanggaannya atas kegiatan Jumbara PMR Nasional IX yang diselenggarakan di Provinsi Lampung, karena merupakan acara rutin PMI yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

Pemerintah Provinsi Lampung sepenuhnya mendukung kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional yang diadakan di daerah ini.

Baca Juga:  Tingkatkan Karir Anda: Raka Agi Saputra Mahasiswa UTI Sukses Lolos ke Program Magang Bersertifikat

Fahrizal juga memberikan pesan kepada para peserta dan pendamping untuk menjaga kesehatan, ketertiban, dan kedisiplinan selama melaksanakan kegiatan ini.

Ia juga menekankan pentingnya mempererat tali silaturahmi serta menjaga kekompakan antara adat, budaya, suku, dan agama.

Dalam pidatonya, Fahrizal menyoroti betapa sulitnya kehidupan masyarakat sejak pandemi Covid-19.

Ia mengakui bahwa kehidupan tanpa bantuan orang lain menjadi sangat berat, dan semua kegiatan dibatasi dengan ketat oleh protokol kesehatan.

Oleh karena itu, ia mengajak semua peserta untuk terus membara semangatnya, bangkit kembali, dan meningkatkan produktivitas sambil tetap menjaga kesehatan diri dan orang-orang di sekitar.

Fahrizal juga berharap melalui Jumbara ini, anggota PMR dapat kembali bersemangat dalam melaksanakan kegiatan baik di dalam maupun di luar sekolah.

Baca Juga:  Kolaborasi Gemilang: Kampus Unggulan Menjalin Kerjasama dengan Jaringan Hotel Internasional di Lampung

Ia berharap acara ini dapat menjadi penggerak semangat dalam mengikuti Jumbara PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 dan dalam melayani kemanusiaan secara keseluruhan.

Ketua Umum Pengurus Pusat PMI, Jusuf Kalla, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Jumbara adalah pengalaman istimewa bagi para anggota PMR mulai dari tingkat Mula, Madya, hingga Wira.

Acara ini memberikan kesempatan untuk menjaga persahabatan, belajar dari sesama, menikmati keindahan Lampung, dan bergaul dengan teman-teman.

Ia juga menegaskan bahwa kehadiran peserta dari seluruh pelosok nusantara menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa besar dan bersatu.

Jusuf Kalla berpesan kepada para peserta untuk mempererat tali persahabatan antar sesama anak bangsa, maupun dengan peserta dari negara sahabat.

Ia juga menyampaikan selamat datang kepada relawan dari negara-negara sahabat yang turut serta dalam acara ini, dan mengundang mereka untuk menikmati keindahan dan budaya Lampung.

Kegiatan Jumbara Nasional PMR IX Tahun 2023 ini diikuti oleh sekitar 2.200 peserta dari 34 Provinsi di Indonesia, serta peserta dari 11 negara sahabat seperti Malaysia, Timor-Leste, Brunei Darussalam, China, Italia, Hongkong, Thailand, Singapura, Laos, dan Kamboja.

Baca Juga:  Polinela dan Karya Mandiri Farm: Menciptakan Inovasi di Dunia Peternakan dengan Teaching Factory Terbaru

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 10 Juli di GOR Way Handak, Lampung Selatan.

Jumbara PMR IX tahun ini mengusung tema “Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter” dengan tujuan mencetak generasi muda yang cerdas, kreatif, dan memiliki karakter yang baik.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan PMR di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional.

Pemerintah Provinsi Lampung berharap melalui Jumbara ini, semangat mengabdi pada kemanusiaan dapat terus ditanamkan pada para anggota PMR.

Mereka diharapkan dapat menjadi pemimpin kemanusiaan di masa depan, dengan memahami pentingnya perdamaian dan nilai-nilai kemanusiaan.

Pemerintah Provinsi Lampung, bersama dengan PMI, berterima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam menyelenggarakan Jumbara Nasional ini dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *