BERITA

Merajut Makna Kemerdekaan Melalui Pemahaman SDM: Refleksi dari Rapat Paripurna HUT ke-78 RI di Bawah Arahan Wali Kota Bandar Lampung

75
×

Merajut Makna Kemerdekaan Melalui Pemahaman SDM: Refleksi dari Rapat Paripurna HUT ke-78 RI di Bawah Arahan Wali Kota Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Rapat Paripurna HUT ke-78 RI, Wali Kota Bandar Lampung Maknai Kemerdekaan dengan Tingkatan SDM
Rapat Paripurna HUT ke-78 RI, Wali Kota Bandar Lampung Maknai Kemerdekaan dengan Tingkatan SDM

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) menjadi kesempatan berharga bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Bandar Lampung beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menghadiri rapat paripurna yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandar Lampung.

Agenda utama rapat paripurna ini adalah mendengarkan pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Rapat Paripurna ini dibuka oleh Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, Wiyadi, yang menggarisbawahi pentingnya makna kemerdekaan sebagai tanggung jawab bersama dalam membangun bangsa Indonesia.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan amanah dan tugas kita, dengan kebijakan-kebijakan yang dapat memberikan dampak langsung kepada masyarakat.

Sesuai dengan kewenangan yang dimiliki, kita harus bersama-sama mengawal dan mengimplementasikan kebijakan yang berkaitan dengan perkembangan Kota Bandar Lampung, mulai dari penyusunan peraturan daerah, perencanaan, penganggaran, pengawasan, hingga pelaksanaannya,” ungkap Wiyadi di Ruang Rapat DPRD Kota Bandar Lampung.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, dalam pidatonya menyampaikan pandangannya tentang makna kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengingat kembali perjuangan para pahlawan.

“Mari kita terus membangun negeri Indonesia, khususnya wilayah Lampung, dengan memberdayakan kemampuan masing-masing individu. Kita harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, serta menjunjung tinggi kemajuan Kota Bandar Lampung,” tutur Bunda Eva.

Lebih lanjut, Wali Kota Eva Dwiana menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bandar Lampung saat ini tengah giat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada.

“Pendidikan menjadi salah satu fokus utama kami. Kami memberikan beasiswa kepada aparatur sipil negara (ASN) yang belum meraih gelar S1 atau S2. Tidak hanya itu, Pemerintah Kota juga mendukung anak-anak SMA, SMK, dan pesantren yang ingin melanjutkan pendidikan mereka dengan memberikan program beasiswa,” jelas Bunda Eva.

Dalam konteks kerja sama dengan pemerintah pusat, Wali Kota Eva Dwiana mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Bandar Lampung akan terus menjalin komunikasi untuk mengembangkan dan memperkuat program-program yang telah dicanangkan.

Hal ini dilakukan dalam semangat kolaborasi untuk menjadikan Kota Bandar Lampung sebagai kota yang berkembang dan berdaya saing.

Rapat Paripurna yang dihadiri oleh para pemimpin kota, pejabat pemerintahan, dan unsur Forkopimda ini merupakan simbol dari kesatuan dan komitmen dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu untuk menjaga, memajukan, dan merawat Republik Indonesia yang merdeka dan berdaulat.