BERITA

Menyajikan SKPD di Pesawaran, Dosen IIB Darmajaya Selenggarakan FGD “SiMoniK: Solusi Cerdas Mengembangkan UMKM Menuju Kesuksesan”

107
×

Menyajikan SKPD di Pesawaran, Dosen IIB Darmajaya Selenggarakan FGD “SiMoniK: Solusi Cerdas Mengembangkan UMKM Menuju Kesuksesan”

Sebarkan artikel ini
Menyajikan SKPD di Pesawaran, Dosen IIB Darmajaya Selenggarakan FGD “SiMoniK Solusi Cerdas Mengembangkan UMKM Menuju Kesuksesan”
Menyajikan SKPD di Pesawaran, Dosen IIB Darmajaya Selenggarakan FGD “SiMoniK Solusi Cerdas Mengembangkan UMKM Menuju Kesuksesan”

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 20 Juli 2023, dosen dari Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya yang tergabung dalam tim penelitian terapan unggulan perguruan tinggi (PTUPT) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema “Pengelolaan SiMoniK dan Pengembangan Model UMKM Smart Berjaya.”

Acara ini digelar di Aula Pascasarjana Lantai 2 dengan kehadiran para dosen dan perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Pesawaran.

Tim penelitian tersebut dipimpin oleh Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., sebagai Ketua, serta anggota tim lainnya meliputi Yulmaini, S.Kom., M.Cs., Aswin, S.E., M.M.; Sulyono, S.Kom., M.T.I.; dan Ruki Rizal Nul Fikri, S.Kom., M.T.I. FGD ini juga dihadiri oleh para Wakil Rektor, yakni Wakil Rektor 1 RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D.; Wakil Rektor 2 Ronny Nazar, S.E., M.M.; Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.; serta perwakilan dari SKPD Kabupaten Pesawaran.

RZ Abdul Aziz, Wakil Rektor 1, menyampaikan pentingnya Sistem Informasi Monitoring Kerja UMKM (SiMoniK) yang merupakan hasil dari penelitian Dr. Sri Lestari dkk.

Dia menekankan bahwa pemanfaatan SiMoniK oleh masyarakat Pesawaran akan memberikan manfaat bagi UMKM, dan untuk itu, perlu dilakukan pemanfaatan yang maksimal agar sistem ini dapat berjalan dengan baik dan berkontribusi dalam mengembangkan potensi UMKM di daerah tersebut.

Selanjutnya, Dr. Sri Lestari, M.Cs., selaku Ketua Tim, menjelaskan bahwa FGD ini merupakan kesempatan untuk berdiskusi bersama tentang pengelolaan UMKM di Pesawaran.

Kabupaten ini memiliki potensi UMKM yang sangat besar, dari sekitar 3 ribuan UMKM di tahun 2020 menjadi lebih dari tujuh ribuan UMKM saat ini.

Dia berharap melalui kerjasama dengan dinas terkait, UMKM Pesawaran dapat terus maju dan berkembang, bahkan dalam kondisi pandemi sekalipun.

Para perwakilan dari Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kominfotik, Dinas Kesehatan, serta Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja juga memberikan dukungan penuh terhadap program ini.

Mereka menyampaikan harapan agar program ini dapat berjalan dengan baik dan sukses, serta menggarisbawahi pentingnya dukungan dari semua pihak dan stakeholders dalam upaya memajukan UMKM di Pesawaran.

FGD ini menjadi momentum penting bagi para akademisi dan pihak terkait untuk merumuskan strategi dan langkah-langkah lebih lanjut dalam mengelola SiMoniK dan mengembangkan model UMKM Smart Berjaya.

Harapannya, program ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan membantu UMKM untuk tetap berjaya di tengah tantangan dan persaingan bisnis yang semakin kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *