BERITA

Menikmati Kelezatan Kuliner Sungai di RM Omega, Mengan Bangek Mengunjungi Menggala Tulang Bawang!

78
×

Menikmati Kelezatan Kuliner Sungai di RM Omega, Mengan Bangek Mengunjungi Menggala Tulang Bawang!

Sebarkan artikel ini
Mengan Bangek, Berkunjung ke Menggala Tulang Bawang, Yuk Nikmati Kuliner Ikan Sungai di RM Omega
Mengan Bangek, Berkunjung ke Menggala Tulang Bawang, Yuk Nikmati Kuliner Ikan Sungai di RM Omega

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Hari itu, saya kembali mendapatkan tugas istimewa untuk mengantar mahasiswa Pra-KKN Universitas Lampung (Unila) ke Kabupaten Tulang Bawang.

Selepas subuh, dengan semangat, saya berkemas dan bertemu dengan mahasiswa yang sudah menunggu di halte bus Unila.

“Adinda Camat, kami sudah berangkat nih,” ujarku kepada Pak Camat tepat pukul 06:30. Kali ini, peran saya sebagai Dosen Pembimbing Lapangan KKN-Unila di Kecamatan Menggala Timur, Tulang Bawang.

Untuk perjalanan kali ini, saya sengaja memilih Si Hitam sebagai kendaraan, dengan rencana mengunjungi desa-desa sekitar.

Bagi saya, kegiatan KKN bukan hanya tugas akademis, tapi juga kesempatan untuk menikmati kuliner lokal dan meresapi kearifan setempat.

Apakah Anda pernah mengunjungi Menggala? Ini adalah ibu kota Kabupaten Tulang Bawang, sebuah tempat dengan daya tarik yang unik, terutama dalam hal kuliner.

Menggala terkenal dengan Sungai Tulang Bawang yang kaya akan berbagai jenis ikan sungai besar dan segar. Ada ikan baung, layis, ketibung, kamal belida, dan masih banyak lagi.

Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang wisata kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Menggala. Kuliner-kuliner ini akan membawa pengalaman tak terlupakan.

Berbicara tentang kuliner khas Lampung, pilihan tidak ada habisnya. Sebagai orang bilang, “Lampung diciptakan saat Tuhan tersenyum.”

Kuliner Lampung memang dikenal karena berbagai bumbu dan rempah yang digunakan, memberikan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas.

Umumnya, kuliner Lampung didominasi oleh ikan segar, kaya akan protein, omega 3, dan rendah lemak, membuatnya pilihan makanan yang sehat.

Pada kesempatan kali ini, saya berkesempatan menikmati kuliner di Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Tempat yang akan kita bahas adalah Rumah Makan (RM) Omega Tulang Bawang, Menggala, yang terletak di Jalan Lintas Sumatera (Lampung-Palembang), Kota Menggala.

Menurut Nada, pengelola RM Omega, nama “Omega” merujuk pada “Orang Menggala Asli”. Dengan menyajikan menu masakan khas Lampung, RM ini menawarkan lalapan, sambal, dan aneka hidangan pindang serta pepes ikan sungai segar.

Salah satu hidangan andalan di sini adalah pindang baung khas Menggala, dengan kuah yang cerah dan aroma yang menggugah selera. Irfan, yang bersama saya makan siang, berkomentar, “Pindang dan ikan bakarnya benar-benar nikmat, dan bagi pecinta makanan Lampung, ini wajib dicoba, apalagi lalapannya sangat lengkap.”

Sebagai penikmat kuliner, saya memberikan apresiasi tinggi untuk rasa kuliner di RM Omega, terutama pindang baung dan baung bakar. Pindang khas Menggala terkenal dengan rasa gurih dan pedas asamnya.

Lalapan di sini sungguh luar biasa, dengan pilihan jengkol goreng, petai rebus, daun singkong, terong goreng dan rebus, hingga daun kencur.

Sambal mangga kweni yang dibuat langsung sebelum disajikan menjadi pendamping yang sempurna dengan menggunakan terasi Menggala, menciptakan sensasi rasa yang tak terlupakan.

Tidak hanya itu, harga di RM Omega tergolong terjangkau. Dengan kocek sekitar Rp40 ribu hingga Rp70 ribu, Anda bisa menikmati hidangan khas Menggala yang lezat dan bergizi tinggi ini.

Jadi, bagi Anda yang sedang melintasi Menggala dan ingin mencoba kuliner khas Lampung, jangan lupa singgah di RM Omega, Jalan Lintas Sumatera Lampung-Palembang, yang tak jauh dari Terminal Menggala. Selamat menikmati!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *