BERITA

Kontrol Lancar Arus Mudik Idulfitri 2024: ASDP Menghargai Peran Pemudik dan Regulator Penyeberangan antara Jawa dan Sumatera

67
×

Kontrol Lancar Arus Mudik Idulfitri 2024: ASDP Menghargai Peran Pemudik dan Regulator Penyeberangan antara Jawa dan Sumatera

Sebarkan artikel ini
Arus Mudik Idulfitri 2024 Jawa - Sumatera Terkendali, ASDP Apresiasi Para Pemudik dan Regulator Penyeberangan
Arus Mudik Idulfitri 2024 Jawa - Sumatera Terkendali, ASDP Apresiasi Para Pemudik dan Regulator Penyeberangan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan dalam industri penyeberangan, termasuk pengguna jasa, regulator dari Kementerian Perhubungan dan Polri, mitra kerja, serta para pemudik, atas dukungan mereka dalam memastikan kelancaran arus mudik penyeberangan, terutama di lintasan utama seperti Merak – Bakauheni, Ketapang – Gilimanuk, dan enam lintasan penyeberangan lainnya di seluruh Indonesia.

Ira Puspadewi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkolaborasi untuk mendukung kelancaran layanan angkutan Lebaran 2024.

Dia mengakui adanya dinamika dalam pelayanan kepada pengguna jasa pada tahun ini yang memerlukan pembenahan dan peningkatan kualitas, terutama untuk memastikan kelancaran arus balik penyeberangan.

“Kami bersyukur dan sangat mengapresiasi kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan selama angkutan Lebaran ini berlangsung, meskipun tidak terlepas dari beberapa dinamika yang muncul,” ujar Ira Puspadewi dalam keterangannya pada Rabu (10/4/2024).

Meskipun terjadi antrean karena peningkatan volume penumpang dan kendaraan pada puncak arus mudik, masyarakat masih dapat dilayani dengan baik, memungkinkan mereka untuk menyeberang dengan aman dan berkumpul dengan keluarga untuk merayakan Idulfitri.

Ira menekankan pentingnya terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi untuk menyukseskan layanan angkutan Lebaran 2024, sehingga masyarakat dapat memiliki pengalaman perjalanan mudik yang lancar, aman, dan nyaman.

Ia juga mengapresiasi kerjasama dari pengguna jasa, terutama para pemudik motor yang menggunakan layanan dari Pelabuhan Ciwandan, yang telah mematuhi petunjuk untuk memesan tiket sebelum tiba di pelabuhan.

Hal ini memungkinkan pelayanan pemudik motor dari Ciwandan – Bakauheni dapat berjalan dengan lancar.

ASDP berjanji akan segera menindaklanjuti evaluasi pelayanan selama arus mudik, untuk mengantisipasi dan meminimalkan kekurangan saat pelaksanaan arus balik mendatang.

“Tugas kami belum selesai. InsyaAllah, kami akan terus melayani arus balik Lebaran dengan baik, lancar, tertib, dan aman,” kata Ira Puspadewi.

Ia juga mengingatkan seluruh pengguna jasa untuk mempersiapkan perjalanan mereka, termasuk untuk arus balik Lebaran.

ASDP mendorong para pemudik yang akan kembali dari Sumatera ke Jawa untuk mengatur waktu kepulangan dan segera memesan tiket, agar tidak kehabisan kuota.

“Tiket ferry sudah dapat dibeli H-60. Pastikan Anda membeli tiket melalui aplikasi Ferizy dan segera pesan tiket pulang (arus balik) agar tidak kehabisan kuota,” tambah Ira Puspadewi.

Berdasarkan data Posko Merak, pada H-2 arus mudik, tercatat 46 unit kapal beroperasi dengan jumlah total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 156.424 orang, serta total kendaraan mencapai 35.289 unit.

Sementara itu, dari Bakauheni, pada H-2 arus mudik, tercatat jumlah total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 56.759 orang, dengan total kendaraan mencapai 9.185 unit.

Untuk rute Ciwandan – Bakauheni dan Panjang, pada H-2 tercatat 15.206 kendaraan roda dua dan 35 kendaraan logistik yang dilayani, dengan total penumpang sebesar 30.557 orang.

Melalui upaya kolaboratif dan kesadaran bersama, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan demi memastikan arus mudik dan arus balik Lebaran berjalan dengan lancar dan aman bagi masyarakat pengguna jasa penyeberangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *