BERITA

Kolaborasi Inovatif: Universitas Teknokrat Indonesia dan BPPTIK Kominfo RI Menggelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi

81
×

Kolaborasi Inovatif: Universitas Teknokrat Indonesia dan BPPTIK Kominfo RI Menggelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi

Sebarkan artikel ini
Universitas Teknokrat Indonesia dan BPPTIK Kominfo RI Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi
Universitas Teknokrat Indonesia dan BPPTIK Kominfo RI Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa (2/4/2024), Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) menyelenggarakan Sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA) di Auditorium Universitas Teknokrat Indonesia.

Acara ini merupakan kelanjutan dari Pelatihan VSGA yang sebelumnya dilakukan secara daring pada tanggal 13-25 Maret 2024.

Sebanyak 384 peserta, terdiri dari mahasiswa Teknokrat dan masyarakat umum, mengikuti kegiatan pelatihan ini. Tim pengajar terdiri dari tujuh dosen Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UTI.

Selama pelatihan, para asesor BPPTIK melakukan seleksi peserta, yang akhirnya menghasilkan 86 peserta yang lolos untuk mengikuti uji kompetensi.

Skema kegiatan pelatihan dan sertifikasi mencakup berbagai bidang seperti associate data scientist, junior graphic designer, junior network administrator, operator komputer madya, dan video editor.

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. Ryan Randy Suryono, S.Kom., M.Kom., serta beberapa dekan dan wakil dekan.

Kepala BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hamdani Pratama, SH., M.Ikom., juga turut hadir dalam acara tersebut.

Dr. Ryan menyatakan harapannya bahwa sertifikasi kompetensi melalui VSGA dapat memberikan pengakuan industri kepada calon tenaga kerja/lulusan, sehingga memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten.

Sementara itu, Kepala BPPTIK berharap semua peserta uji sertifikasi VSGA dinyatakan kompeten, sehingga sertifikat kelulusan dapat menjadi nilai tambah dalam karier mereka.

Kepala BPPTIK juga mengapresiasi fasilitas yang dimiliki oleh UTI, terutama laboratorium canggih yang digunakan oleh para peserta uji sertifikasi.

Fasilitas ini melebihi standar yang ditetapkan oleh BPPTIK sebagai tempat uji kompetensi tingkat nasional.

Dr. Heni, sebagai ketua acara, menjelaskan bahwa tujuan dari ujian kompetensi adalah untuk mempersiapkan lulusan menjadi tenaga kerja yang kompeten, terampil, dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja modern.

Wakil Rektor Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., menyambut baik kegiatan uji kompetensi ini, dengan harapan dapat memberikan sertifikasi dan pengakuan atas kompetensi peserta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *