BERITA

Kejayaan Pelajar SMAN 2 Kota Agung Tanggamus dalam AHM Best Student 2023

65
×

Kejayaan Pelajar SMAN 2 Kota Agung Tanggamus dalam AHM Best Student 2023

Sebarkan artikel ini
Pelajar SMAN 2 Kota Agung Tanggamus Juarai AHM Best Student 2023
Pelajar SMAN 2 Kota Agung Tanggamus Juarai AHM Best Student 2023

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Berbagai ide dan inovasi yang dihasilkan oleh generasi muda Indonesia untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan semakin berkembang.

Astra Honda Motor (AHM) Best Student menjadi wadah yang bergengsi bagi para siswa SMA multitalenta di Tanah Air untuk menguji dan mempresentasikan ide serta gagasan inovatif mereka guna memberikan solusi untuk pembangunan berkelanjutan.

Pada ajang AHM Best Student 2023, Muhammad Zuruki, seorang pelajar dari SMAN 2 Kota Agung, Tanggamus, berhasil meraih posisi ketiga nasional.

Kemenangan prestisius ini diraih oleh Zuruki berkat ide briliannya dalam pembuatan bahan bakar alternatif menggunakan bahan Resin Shorea Javanica.

Nurhayati, Manajer Honda Customer Care Center TDM, menjelaskan bahwa kompetisi ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Honda, yang diadakan setiap tahun dengan tujuan memberikan dukungan dan apresiasi kepada siswa berprestasi, terutama di bidang akademis.

“AHM Best Student 2023 mengadakan kompetisi untuk anak-anak SMA dalam dua kategori, yaitu ide dan inovasi atau temuan. Pada tahun ini, tema yang diusung adalah Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Nurhayati.

Kompetisi ini berlandaskan tiga pilar utama, yaitu “care” (peduli), “creative” (kreatif), dan “confident” (percaya diri). Seleksi dilakukan tidak hanya berdasarkan karya yang diajukan, tetapi juga melibatkan aspek keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft skill, hingga pencapaian di luar akademik.

Tercatat ada 742 karya dari 390 sekolah di 27 provinsi yang berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Seleksi dilakukan secara bertahap di tingkat provinsi, dan akhirnya terpilih 20 karya siswa terbaik yang berhak mengikuti tahapan Grand Final pada 31 Oktober 2023.

Setelah proses seleksi regional yang dimulai pada Agustus 2023 dan seleksi nasional pada Oktober 2023, AHM akhirnya menetapkan Rafila Anindya Ahmad dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta sebagai juara level gold untuk kategori ide.

Rafila berhasil menciptakan inovasi di bidang keamanan dalam proses transaksi keuangan menggunakan QR Code.

Sementara untuk kategori inovasi, Raditya Syarifatur Riyad dari SMA Laboratorium UM, Malang, Jawa Timur, berhasil meraih level gold melalui karyanya, yaitu alat penjernih air dengan tenaga surya.

Para profesional di berbagai bidang turut mendukung AHM Best Student 2023 dengan mengkurasi karya terbaik siswa SMA dari seluruh Indonesia.

Para juri berasal dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, serta pengajar dari beberapa kampus terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan PPM School of Management.

Karya pemenang lainnya juga tak kalah menarik. Dalam kategori ide, Gede Indra Apriadi dari SMAN Bali Mandara berhasil meraih level silver melalui ide inovasi briket ramah lingkungan yang memanfaatkan limbah siwalan.

Sedangkan level bronze diraih oleh siswa dari SMA Negeri 2 Kota Agung, Tanggamus, Lampung, yaitu M. Zuruki, melalui ide pembuatan bahan bakar alternatif menggunakan bahan Resin Shorea Javanica.

Dalam kategori inovasi, pemenang level silver adalah Kadek Bintang Januarta, wakil dari SMAN Bali Mandara, yang mengembangkan Briket Biomassa dengan menggunakan limbah tanaman sorgum.

Disusul oleh Fikri Fadurohman dari SMK Karya Nasional Kuningan, Jawa Barat, yang berhasil meraih level silver melalui karyanya, yaitu pemanggang biji kopi berteknologi tinggi.

Para peserta selain berkompetisi juga mendapatkan pengalaman berharga dengan mengunjungi pabrik sepeda motor Honda di pabrik AHM.

Mereka juga menerima pembekalan soft skill dan motivasi dari inspirator atlet Paralympic M. Fadly, serta berdiskusi bersama Executive Vice President Director AHM, Thomas Wijaya.

Selain itu, para peserta juga diajak untuk memperoleh edukasi tentang keselamatan berlalu lintas melalui Honda Riding Trainer (HRT) yang diajari langsung oleh Astra Honda License Instructor di AHM Safety Riding dan Training Center (SRTC), Deltamas, Bekasi.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengapresiasi karya kreatif siswa SMA yang memberikan dampak positif bagi lingkungan, sambil mengejar pendidikan mereka di sekolah.

AHM Best Student, yang telah berlangsung sejak tahun 2003, diharapkan dapat terus melahirkan ide dan karya kreatif yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s).

“Karya anak remaja ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam menjawab berbagai tantangan dan kebutuhan masyarakat. Harapan kami, AHM Best Student dapat menstimulasi lahirnya ide-ide kreatif generasi muda, kami ingin melahirkan calon pemimpin masa depan yang cerdas sekaligus peka dan peduli akan isu-isu yang ada di sekitarnya,” ujar Muhibbuddin.

Ajang kompetisi ide dan kreativitas prestisius ini didukung oleh Yayasan Astra Honda Motor melalui beasiswa dengan total ratusan juta rupiah bagi 20 grand finalis dan juga penghargaan bagi Guru Pembimbing mereka.

Astra Polytechnic juga menyediakan beasiswa kuliah khusus bagi pemenang Kategori Inovasi, yang mencakup biaya kuliah dan dukungan biaya hidup selama tiga tahun senilai total Rp129 juta, serta Beasiswa Vokasi senilai Rp9 juta bagi level silver.

Tidak hanya itu, Astra Graphia juga menyumbangkan enam unit laptop untuk seluruh pemenang AHM Best Student 2023. Seluruh acara ini juga tidak akan terlaksana tanpa dukungan penuh dari FIF Group, PT Hitachi Astemo, PT Musahi Auto Parts Indonesia, PT Surayaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.