BERITA

Ini Harapan Ketua DPRD Lampung kepada Civitas Akademika Unila saat Menghadiri Diskusi Kemenkumham Goes to Campus

156
×

Ini Harapan Ketua DPRD Lampung kepada Civitas Akademika Unila saat Menghadiri Diskusi Kemenkumham Goes to Campus

Sebarkan artikel ini
Hadiri Diskusi Kemenkumham Goes to Campus di Unila, ini Harapan Ketua DPRD Lampung ke Civitas Akademika
Hadiri Diskusi Kemenkumham Goes to Campus di Unila, ini Harapan Ketua DPRD Lampung ke Civitas Akademika

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay, menghadiri dengan antusias kegiatan “Kemenkumham Goes to Campus 2023” yang berlangsung di Gedung D Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila) pada Kamis (3/8/2023).

Dalam acara tersebut, Mingrum memberikan apresiasi kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai penyelenggara, karena dianggap penting dalam menyebarkan pemahaman mengenai KUHP dan perubahan Rancangan Undang-Undang (RUU) paten, serta desain industri, kepada masyarakat melalui kaum intelektual agar dapat dipahami secara menyeluruh.

“Sosialisasi ini penting, karena kami butuh persamaan pandangan dalam menyikapi produk hukum yang berkaitan langsung dengan masyarakat, diharapkan melalui civitas akademika yang hadir dapat menjadi fasilitator kepada masyarakat mengenai hal tersebut,” kata Mingrum Gumay.

Mingrum juga menyoroti pentingnya KUHP yang telah disahkan oleh pemerintah yang mengatur badan hukum atau korporasi sebagai pihak yang bertanggung jawab dan dapat dipidana.

Tindakan pidana pokok, pidana tambahan, dan tindakan lainnya dikenakan kepada korporasi dan individu yang terlibat dalam kejahatan, dari struktur fungsional hingga pemilik manfaat.

“Saya sangat menyimak sosialisasi dan diskusi ini, perbedaan yang mendasar KUHP baru dan KUHP kolonial adalah pengedepanan restorative justice, di mana hukuman yang akan diberikan bagi setiap tindak pidana akan bertitik berat pada pemulihan keadilan, bukan semata pada penghukuman,” ujar Mingrum Gumay dengan penuh perhatian.

Sebagai alumni Fakultas Hukum Unila, Mingrum tampak begitu terlibat dalam acara tersebut. Ia aktif mencatat setiap poin yang disampaikan oleh para narasumber dan peserta diskusi.

Hal ini menunjukkan bahwa semangat belajar dan rasa ingin tahu tidak pernah pudar, bahkan di tengah kesibukan menjalankan tugas sebagai Ketua DPRD Lampung.

Kehadiran Mingrum Gumay dalam acara “Kemenkumham Goes to Campus 2023” ini juga menunjukkan komitmen dan dukungannya terhadap peningkatan pemahaman hukum di kalangan civitas akademika Universitas Lampung.

Semoga acara semacam ini dapat terus diadakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih baik bagi masyarakat dalam menghadapi perubahan hukum dan perkembangan industri di era yang semakin dinamis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *