BERITA

Ini Dia Prediksi Puncak Arus Balik Libur Lebaran Iduladha Hari Ini!

109
×

Ini Dia Prediksi Puncak Arus Balik Libur Lebaran Iduladha Hari Ini!

Sebarkan artikel ini
Ini Dia Prediksi Puncak Arus Balik Libur Lebaran Iduladha Hari Ini!
Ini Dia Prediksi Puncak Arus Balik Libur Lebaran Iduladha Hari Ini!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Aktivitas arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, semakin meningkat seiring berakhirnya libur panjang dan perayaan Hari Raya Iduladha.

PT Ferry Indonesia (persero) cabang Bakauheni memperkirakan puncak arus balik akan terjadi hari ini, Minggu, 02 Juli 2023.

Rudi Sunarko, General Manager PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) cabang Bakauheni, mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan yang melintasi pelabuhan tersebut.

Namun, ia menekankan bahwa peningkatan tersebut belum terlalu signifikan.

Berdasarkan data rekapitulasi dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang utama Bakauheni, sejak Jumat, 23 Juni 2023, hingga Sabtu, 1 Juli 2023, telah tercatat sebanyak 20.069 penumpang pejalan kaki asal Sumatra yang menyeberang ke Pulau Jawa.

Rata-rata per hari, sekitar 2.230 orang menyeberang, dengan rata-rata per jam mencapai 93 orang.

Sementara itu, jumlah penumpang dalam kendaraan mencapai 287.383 orang, dengan rata-rata per hari sekitar 31.931 orang, dan rata-rata per jam sebanyak 1.330 orang.

Dengan demikian, total keseluruhan penumpang pejalan kaki dan dalam kendaraan sepanjang momen libur Lebaran Iduladha ini mencapai 307.452 orang.

Rata-rata per hari, terdapat sekitar 34.161 orang yang menyeberang, dengan rata-rata per jam sebanyak 1.423 orang.

Tak hanya itu, data juga menunjukkan bahwa terdapat 8.582 unit sepeda motor yang melintas setiap harinya, dengan rata-rata per hari sekitar 954 unit.

Kendaraan roda empat sejenis mencapai 36.974 unit, dengan rata-rata per hari sekitar 4.108 unit.

Kendaraan bus yang melintas mencapai 2.959 unit, dengan rata-rata per hari sekitar 329 unit.

Sedangkan kendaraan truk mencapai 22.036 unit, dengan rata-rata per hari sekitar 2.448 unit.

Rudi Sunarko juga menjelaskan bahwa untuk mengakomodasi peningkatan arus balik ini, PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) cabang Bakauheni memiliki 29 kapal yang beroperasi, dengan total trip mencapai 856 trip.

Rata-rata per hari, terdapat sekitar 95 trip yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan transportasi para penumpang.

Meskipun terjadi peningkatan aktivitas, kondisi di Pelabuhan Bakauheni masih tergolong normal tanpa adanya antrean kendaraan yang panjang.

Area parkir di dermaga, loket, dan pintu gerbang pelabuhan terlihat berfungsi dengan normal.

Rudi Sunarko pun mengimbau kepada para pengguna jasa untuk mengatur waktu perjalanan mereka agar dapat menghindari antrian.

Ia juga menekankan pentingnya para calon penumpang untuk membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan Bakauheni, mengingat petugas di ASDP tidak lagi melayani pembelian tiket di lokasi.

Dalam menghadapi puncak arus balik yang diperkirakan terjadi hari ini, PT ASDP Bakauheni terus memberikan himbauan kepada para pengguna jasa agar melakukan persiapan yang memadai untuk perjalanan mereka.

Persiapan yang matang diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kendala atau keterlambatan dalam proses pelayanan.

Dengan kesiapan dan koordinasi yang baik dari PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) cabang Bakauheni, diharapkan aktivitas arus balik pasca-libur Lebaran Iduladha dapat berjalan lancar dan aman bagi para penumpang yang hendak kembali ke destinasi masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *