BERITA

Harmonisasi Suara Demokrasi: Tulangbawang Barat Deklarasikan Kampanye Damai dan Siapkan Diri untuk Pemilu 2024

60
×

Harmonisasi Suara Demokrasi: Tulangbawang Barat Deklarasikan Kampanye Damai dan Siapkan Diri untuk Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Deklarasikan Kampanye Damai dan Apel Siaga, Tulangbawang Barat Siap Gelar Pemilu 2024
Deklarasikan Kampanye Damai dan Apel Siaga, Tulangbawang Barat Siap Gelar Pemilu 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Drs. M Firsada, M.Si., turut serta dalam momen penting deklarasi kampanye damai dan apel siaga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung di Lapangan Tiyuh Candra Kencana, Kecamatan TBT.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Firsada menekankan pentingnya menjalankan proses Pemilu dalam suasana yang damai, adil, dan terbuka.

“Pemilu merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi. Sebagai warga negara, kita memiliki hak untuk memilih pemimpin yang akan mewakili dan mengemban amanah rakyat. Namun, perlu diingat bersama bahwa kampanye dan pemilihan ini harus dilaksanakan dalam suasana yang damai, adil, dan terbuka,” kata Pj Bupati Firsada.

Pj Bupati Firsada juga menyoroti isu politik uang dan praktik tidak sehat lainnya yang dapat merusak integritas Pemilu.

“Kita harus menjunjung tinggi integritas dan etika politik agar masyarakat percaya bahwa setiap suara mereka benar-benar dihargai,” tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa tanggung jawab untuk menjaga suasana damai tidak hanya terletak pada peserta politik, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat Tubaba.

“Mari kita jaga kebersamaan, saling menghormati perbedaan dalam pandangan politik, dan hindari konflik yang tidak perlu,” tegas Pj Bupati Firsada.

Pentingnya partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam Pemilu juga menjadi sorotan.

Pj Bupati Firsada mengajak setiap warga Tubaba untuk menggunakan hak pilih mereka dan berkontribusi dalam menentukan arah kepemimpinan.

Pj Bupati Firsada juga menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang telah bekerja keras untuk memastikan Pemilu berjalan dengan baik dan terlaksana secara adil.

Dia berharap agar semua pihak terkait dapat menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme dan netralitas.

Ketua Bawaslu Tubaba, Agus Tomi, S.H., menegaskan peran Bawaslu sebagai pengawas yang menjunjung tinggi keadilan.

“Keberanian kita bukanlah dalam menyuarakan preferensi politik pribadi, tetapi dalam menjunjung tinggi prinsip keadilan dan integritas,” ujar Agus Tomi.

Ia mengajak Pengawas Pemilu se-Kabupaten Tubaba untuk menjadi teladan dalam menjaga sikap netral dan tidak terprovokasi.

“Semoga kita semua dapat menjalankan tugas dengan baik, demi terwujudnya Pemilu 2024 yang demokratis, adil, dan damai,” pungkas Agus Tomi.

Masyarakat Tubaba diharapkan dapat bersatu dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu, menciptakan suasana yang kondusif untuk mengekspresikan hak pilih mereka.