BERITA

Hand Guard Sepeda Motor Honda: Sentuhan Gagah yang Perlu Anda Ketahui

53
×

Hand Guard Sepeda Motor Honda: Sentuhan Gagah yang Perlu Anda Ketahui

Sebarkan artikel ini
Bikin Makin Gagah, ini Fungsi Hand Guard Sepeda Motor Honda
Bikin Makin Gagah, ini Fungsi Hand Guard Sepeda Motor Honda

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kehadiran aksesori pelindung untuk sepeda motor semakin berkembang, dengan komponen seperti engine guard, headlamp-mask, dan hand guard yang semakin banyak beredar di pasaran.

Biasanya, aksesori ini sangat cocok untuk sepeda motor petualang yang sering melibatkan perjalanan di medan yang berat dan berbagai cuaca ekstrem.

Namun, tahukah Anda bahwa sejak tahun 2011, ajang balap MotoGP pun mengharuskan pesertanya untuk menggunakan aksesori pelindung pada stang sepeda motor mereka?

Kepala Bengkel Astra Motor Imam Bonjol Bandar Lampung, Suroso, menjelaskan bahwa pelindung tangan terdiri dari dua jenis utama: lever guard yang biasanya digunakan pada sepeda motor sport, dan hand guard yang menjadi pelindung utama untuk sepeda motor adventure.

Meskipun keduanya bertujuan untuk melindungi tangan pengendara, bentuk dan fungsi dari kedua jenis pelindung ini berbeda.

Hand Guard memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan lebar, bahkan material penopangnya terbuat dari bahan yang keras dan tebal.

Ini bertujuan untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap berbagai elemen yang mungkin ditemui saat berkendara, terutama dalam lingkungan petualangan yang berat.

Salah satu fungsi utama dari hand guard adalah melindungi tangan pengendara dari ranting-ranting pohon dan cabang yang dapat membahayakan saat harus melalui daerah hutan atau jalan setapak yang berliku.

Selain itu, hand guard juga berfungsi mencegah tangan terkena lontaran batu dari kendaraan di depan, yang bisa menjadi ancaman serius terutama saat berkendara di jalan tanah.

Hand guard tidak hanya berhenti pada perlindungan tangan. Aksesori ini juga memiliki peran penting dalam mencegah tuas rem dan kopling patah saat sepeda motor terjatuh, mirip dengan fungsi lever guard pada motor sport.

Dengan perlindungan tambahan ini, pengendara dapat meminimalisir kerusakan pada sepeda motor mereka saat terjatuh.

Selain manfaat keselamatan, hand guard juga dapat memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara.

Ini dapat membantu mengurangi paparan angin pada tangan pengendara, terutama saat melakukan perjalanan di malam hari ketika udara cenderung lebih dingin.

Jika Anda tertarik untuk menginstal hand guard pada sepeda motor adventure Anda, Anda dapat mencari tahu lebih lanjut dengan menghubungi Astra Motor Imam Bonjol yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Nomor 273, Tanjungkarang Barat, Gedong Air, Bandar Lampung.

Anda juga dapat menghubungi mereka di nomor 082184570093 untuk informasi lebih lanjut tentang jenis dan merek hand guard yang sesuai dengan sepeda motor Anda.

Dengan menggunakan aksesori pelindung yang tepat, Anda dapat lebih siap dan aman saat menjalani petualangan di jalan.