BERITANASIONAL

Gubernur, Way Kanan Bakti Sosial: 500 Ribu Ekor Benih Ikan Dibagikan dalam Acara Perantineba

91
×

Gubernur, Way Kanan Bakti Sosial: 500 Ribu Ekor Benih Ikan Dibagikan dalam Acara Perantineba

Sebarkan artikel ini
Gubernur, Way Kanan Bakti Sosial 500 Ribu Ekor Benih Ikan Dibagikan dalam Acara Perantineba
Gubernur, Way Kanan Bakti Sosial 500 Ribu Ekor Benih Ikan Dibagikan dalam Acara Perantineba

Media90 – Pada hari Sabtu (24/6/2023), Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Hanan A. Razak, Anggota Komisi IV DPR RI, bersama-sama melaksanakan kegiatan bakti sosial Perantau Tiyuh Negara Batin (Perantineba) di Balai Adat Kampung Negara Batin, Kabupaten Way Kanan.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara perantau tiyuh dan warga Kecamatan Negara Batin melalui bakti sosial, khitanan massal, dan donor darah.

Dalam acara tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan harapannya agar fungsi ikan dapat pulih seperti sebelumnya, di mana ikan dapat dengan mudah didapatkan dan dinikmati oleh masyarakat.

Ia juga memberikan pesan kepada warga agar tidak menggunakan metode illegal seperti menggunakan putas atau setrum dalam mencari ikan.

Ia mengizinkan metode penangkapan ikan seperti mancing dan ngejala, asalkan dilakukan secara bertanggung jawab.

Sebanyak 500 ribu ekor benih ikan ditebar di Dermaga Sungai Way Kanan Kampung Negara Batin dalam kegiatan tersebut.

Rincian jumlah benih ikan tersebut adalah 250.000 ekor dari bantuan Gubernur Lampung, terdiri dari 100.000 ekor jelabat dan 150.000 ekor baung.

Sementara itu, Hanan A. Razak menyumbangkan 250.000 ekor benih ikan, terdiri dari 100.000 ekor benih ikan jelabat dan 150.000 ekor benih ikan Nilem.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi juga membahas masalah infrastruktur jalan di Kabupaten Way Kanan.

Pemerintah Daerah Provinsi Lampung tengah berupaya menyelesaikan penanganan jalan provinsi pada koridor Bujung Tenuk – Penumangan – Tegal Mukti – Tajab – Serupa Indah – Negara Ratu – Kotabumi yang menghubungkan Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, dan Lampung Utara.

Gubernur optimis bahwa pembangunan ruas jalan tersebut akan selesai pada tahun 2024.

Kehadiran Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan rombongan disambut dengan hangat oleh masyarakat Tiyuh Negara Batin.

Bupati Way Kanan, Adipati Surya, menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Gubernur di Kabupaten Way Kanan.

Ia berharap kunjungan tersebut dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah Kabupaten Way Kanan.

Pembina Perantineba, Alisa Hendra, juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas dukungan dan supportnya dalam menyelenggarakan acara bakti sosial ini.

Ia juga mengapresiasi semua pihak yang telah turut serta dalam mensukseskan acara tersebut.

Selain kegiatan penyebaran benih ikan, Gubernur Arinal juga menyerahkan bantuan sosial kepada Program Keluarga Harapan (PKH) berupa 25 paket sembako, 1 unit kursi roda, dan 1 tongkat.

Ia juga mengajak petani yang hadir untuk bergabung sebagai anggota Kelompok Tani Penerima Bantuan (KPB) yang akan memberikan kemudahan dalam hal sarana dan prasarana pertanian serta akses permodalan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan donor darah, khitanan massal, dan bazar UMKM untuk memberikan dampak positif yang lebih luas kepada masyarakat sekitar.

Diharapkan kegiatan ini dapat memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, anggota legislatif, dan masyarakat dalam memajukan Kabupaten Way Kanan.