BERITA

Dimulainya Tahapan Resmi Pilkada Gubernur dan Bupati 2024 oleh KPU Tanggamus

101
×

Dimulainya Tahapan Resmi Pilkada Gubernur dan Bupati 2024 oleh KPU Tanggamus

Sebarkan artikel ini
KPU Tanggamus Luncurkan Pilkada Gubernur dan Bupati 2024, Tahapan Resmi Dimulai
KPU Tanggamus Luncurkan Pilkada Gubernur dan Bupati 2024, Tahapan Resmi Dimulai

Media90 – Antusiasme memenuhi Lapangan Tangsi, Kecamatan Talang Padang, saat ribuan masyarakat dari berbagai kecamatan berkumpul untuk menyaksikan peluncuran pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Tanggamus tahun 2024.

Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus ini dimeriahkan oleh penampilan dari artis Jakarta, Happy Asmara, dan grup band lokal, Kipas Tua.

Ketua KPU Tanggamus, Angga Lazuardi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam kesuksesan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 lalu.

Lazuardi menekankan bahwa keberhasilan tersebut adalah hasil dari kolaborasi semua pihak, bukan semata-mata dari KPU.

“Hari ini kita meluncurkan tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua elemen masyarakat. Kami mengajak pemerintah daerah, aparat keamanan, tokoh agama, tokoh masyarakat, media, dan semua pihak untuk bersama-sama mendukung kesuksesan Pilkada,” ungkap Lazuardi.

Lazuardi juga menegaskan pentingnya kerjasama dan partisipasi aktif masyarakat dalam memastikan kelancaran pelaksanaan Pilkada 2024. Selain pemilihan bupati dan wakil bupati, juga akan dilaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Menyikapi hal tersebut, KPU Kabupaten Tanggamus berkomitmen untuk melakukan segala upaya guna memastikan kesuksesan Pilkada tersebut.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, pemungutan suara serentak nasional akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024.

Tahapan persiapan, termasuk perencanaan program dan anggaran, telah dilaksanakan sejak Agustus 2024.

Tahapan pencalonan dimulai pada bulan tersebut, diikuti oleh tahapan kampanye di bulan September, dan puncaknya adalah pelaksanaan pencoblosan pada 27 November 2024.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, menyatakan bahwa Pilkada merupakan sarana bagi rakyat untuk mencapai tujuan pembangunan daerah secara demokratis.

Ia mengajak seluruh warga untuk berperan aktif dalam mensukseskan Pilkada Tanggamus 2024 dengan menyosialisasikan acara tersebut dan menggunakan hak pilih pada hari pencoblosan.

Pendidikan politik kepada masyarakat juga dianggap penting oleh Irsan sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Partisipasi masyarakat sebagai pemilih akan menjadi legitimasi bagi pemimpin yang terpilih. Dukungan semua pihak mutlak diperlukan untuk kesuksesan agenda nasional dan daerah,” tambahnya.

Irsan juga menegaskan pentingnya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada guna memastikan kelancaran, kedamaian, dan kesuksesan acara tersebut.

“Pembiayaan Pilkada Tanggamus akan bersumber dari APBD Kabupaten Tanggamus. Kami menekankan agar anggaran tersebut digunakan sesuai ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *