BERITA

Gubernur Lampung Resmikan Gedung Pinere dan Fasilitas Baru di RSUDAM

20
×

Gubernur Lampung Resmikan Gedung Pinere dan Fasilitas Baru di RSUDAM

Sebarkan artikel ini
Resmikan Gedung Perawatan Baru di RSUDAM, Gubernur Wujudkan Transformasi Kesehatan di Lampung
Resmikan Gedung Perawatan Baru di RSUDAM, Gubernur Wujudkan Transformasi Kesehatan di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Rabu, 27 Desember 2023, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, meresmikan Gedung Perawatan Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging (Pinere) di Rumah Sakit Umum Daerah dr H Abdul Moeloek (RSUDAM).

Selain Gedung Pinere, sejumlah fasilitas lain seperti Gedung Komersil atau Mall RSUDAM, Gedung Instalasi Gizi, dan Gedung Perawatan Kelas 1 juga diresmikan dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal menyatakan bahwa Gedung Pinere di RSUD dr H Abdul Moeloek merupakan bagian dari komitmen Provinsi Lampung untuk menjadikan rumah sakit sebagai fasilitas rujukan tertinggi di provinsi tersebut.

Gedung ini akan menerima kasus-kasus Penyakit Infeksi Emerging dan Re-Emerging dari seluruh penjuru Lampung.

Gubernur Arinal menyoroti pentingnya transformasi kesehatan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dan menghadapi berbagai tantangan yang terus berkembang.

Ia mengidentifikasi enam pilar transformasi kesehatan, termasuk Transformasi Layanan Primer, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

“Sistem rujukan yang baik menjadi jembatan antara berbagai tingkatan pelayanan kesehatan, memastikan bahwa pasien mendapatkan akses yang cepat dan tepat menuju layanan yang diperlukan,” ujar Gubernur Arinal, menekankan peran Transformasi Layanan Rujukan.

Gubernur Arinal menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Lampung terhadap Program Pengampuan Jejaring Layanan, sebagai bagian dari proses rujukan.

Ia juga mencatat dukungan untuk percepatan pemenuhan kebutuhan standar pelayanan stratifikasi, termasuk pembangunan Gedung Layanan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia kesehatan.

“Pembangunan gedung Pinere, gedung Rawat Inap, Gedung Instalasi Gizi, dan gedung komersial atau Mall RSUDAM adalah sebagai upaya Pemerintah Provinsi Lampung memenuhi program Transformasi Kesehatan,” tegasnya.

Gubernur Arinal berharap bahwa dengan standar pelayanan yang terpenuhi di RSUD dr H Abdul Moeloek, masalah kesehatan perorangan di Provinsi Lampung dapat teratasi, mengurangi kebutuhan rujukan ke luar daerah.

Direktur RSUDAM, dr. Lukman Pura, menjelaskan bahwa RSUDAM ditetapkan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah untuk mengampu Sembilan Layanan Prioritas, termasuk Penyakit Infeksi Emerging.

Gedung Pinere, sebagai bagian dari revitalisasi, menawarkan fasilitas modern untuk penanganan penyakit yang muncul kembali.

Semoga dengan adanya fasilitas baru ini, pelayanan kesehatan di Provinsi Lampung dapat menjadi yang terbaik, sesuai harapan Gubernur Arinal.